06 Februari 2017

Blog Tour: Simon vs The Homosapiens Agenda + Giveaway

Judul : Simon vs The Homosapiens Agenda
Pengarang : Becky Albertalli
Penerbit : Spring
Tahun : 2017
Dibaca : 5 Februari 2017
Rating : ★★★

Internet bagai tsunami yang menerjang sebuah pantai yang damai. Begitu tiba-tiba. Begitu besar. Bagi mereka yang sudah bersiap mungkin akan lekas menuju dataran yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri. Tapi bagi mereka yang berleha-leha dan terlalu menikmati keindahan pantai, akan hanyut terbawa arus. Banyak orang Indonesia yang terjebak dengan internet—terutama media sosial. Ada yang berpamitan untuk bertemu seseorang yang baru dikenalinya vis media sosial dan berakhir dengan meninggal dunia. Namun, tidak banyak yang menemukan jodoh mereka melalui internet. Mungkin kamu dan aku juga. Entahlah.

***

Simon Spier menemukan sebuah pos di Tumblr. Mungkin pos tersebut tidak berarti bagi orang lain tetapi tidak bagi Simon. Ia ingin mengetahui siapa pemilik pos tersebut dan menemukan alamat surelnya. Memberanikan diri, ia akhirnya mengirimkan sebuah pesan kepada alamat pseudonim itu. Sayangnya, tidak ada balasan sampai berhari-hari setelahnya dan ia hampir menyerah. Sampai keajaiban itu datang dengan balasan surel dari pemilik pos Tumblr. Nama samarannya Blue—yah, setidaknya itu sebuah nama—dan mereka satu sekolah yang sama.

Korespondensi di antara mereka berdua berjalan semakin intim namun tetap aman sampai Martin menemui Simon pada hari itu. Hari di mana Simon lupa keluar dari akun surel pseudonimnya. Hari di mana Martin memiliki screenshot balas-balasan surelnya dengan Blue. Hari di mana Martin menginginkan di-PDKT-kan dengan Abby, cewek populer yang sangat dekat dengan Simon. Hari di mana Simon tahu kalau ia sedang diperas. Hari di mana mungkin segalanya akan berakhir bagi Simon dan Blue.

***

Kisah cinta SMA memang menarik untuk dijadikan cerita pada sebuah buku. Dan aku melihat hampir semuanya memiliki tipe yang sama. Sang tokoh utama menyukai seseorang. Ia menjadi naif karena sangat ingin berkenalan dengan orang yang disukainya itu namun tetap harus berlaku biasa saja. Sampai akhirnya mereka berkenalan dan semakin dekat dan menjadi pacar. Pada umurku yang sudah menginjak kepala dua, aku berpendapat bahwa pacar bukan lagi hal relevan terutama untuk menjadi seseorang yang diraih dengan penuh pengorbanan. Melihat anak SMA yang mengelu-elukan pencapaiannya kala mendapatkan hati orang yang disukainya dengan berbagai pengorbanan adalah hal paling bodoh.

Fan-art "Simon vs The Homosapiens Agenda" by The Sound of YA Books

Buku ini memang tentang kisah cinta SMA. Namun, menariknya dua sejoli yang menjadi tokoh utama di dalamnya berjenis kelamin sama. Aku tidak mempermasalahkan hal itu karena, yah, namanya cinta. Kamu bahkan bisa mencintai seorang boneka virtual atau barang-barang lainnya, kan? Merasakan cinta adalah pemberian yang tidak semua orang bisa dapatkan dan si penerima harus benar-benar bersyukur atas itu. Dan mudah saja menemukan cinta pada buku ini. Dari dua sejoli Simon dan Blue. Dari keluarga Simon. Dari teman-temannya. Apa sih hal paling membahagiakan bagi seorang anak SMA? Mendapatkan cinta kasih dari orang-orang terdekatnya, kurasa. Buku ini memberikan satu bentuk itu dengan caranya sendiri.

Aku suka bentuk surat-menyurat sebagai medium interaksi antara dua tokoh. Bagaimana Simon terus-menerus berkutat dengannya dan sangat ingin tahu perihal Blue. Dan, Blue, tentu saja! Siapa dia sebenarnya? Pertanyaan itu yang terus tebersit dalam benak pembaca sejak awal mengetahui namanya. Termasuk aku. Buku ini seperti memberikan beberapa petunjuk tidak langsung melalui karakter-karakter yang dikenal Simon—teman-teman SMA-nya. Kau diajak memilah dan memilih siapa kira-kira yang cocok menjadi seorang Blue. Mungkin beberapa yang peka akan mengetahuinya sedari awal namun bagi yang tidak sepertiku akan sulit menemukan siapa ia yang sebenarnya. Dan itu yang membuat buku ini menarik.

Aku sempat membuat kultwit tentang buku ini ketika pertama kali mendengar buku ini akan diterbitkan pada Desember tahun lalu. Berikut kira-kira isinya. (1) Jadi, "Simon vs The Homosapiens Agenda" akhirnya benar-benar diterjemahkan dan terbit di Indonesia. (2) Melihat tema yang diangkat adalah isu yang kontroversial di Indonesia, Penerbit Spring termasuk yang "berani" melakukan. (3) Tetapi tidak heran, soalnya ada juga penerbit lain yang menerbitkan novel remaja serupa. (4) Dan penerbit juga memberikan label dewasa untuk buku ini. Sungguh pilihan yang sulit sebenarnya. (5) Namun tepat! Apalagi sinopsisnya terdapat kata gay yang bilamana diketahui organisasi keagamaan fanatik akan kebakaran jenggot. (6) Harapannya tentu saja tidak! toh juga sudah diberi label "dewasa" dan penerbit sendiri sudah melakukan konfirmasi akan pemberian label itu. (7) Penerbit: "'Dewasa' di sini bukan berarti ada adegan atau gimana. Lebih karena LGBT, jadi butuh 'kedewasaan' untuk mencerna novel. Bukan dewasa dalam hal umur."

Yang bisa kusimpulkan adalah buku ini menjadi pilihan bagi kamu yang sudah merasa "dewasa" untuk melihat perbedaan. Sekali lagi, cinta itu anugerah yang tidak bisa setiap orang dapatkan. Penerimanya siapa saja dan dari siapa saja dan melalui apa saja. Satu hal yang pasti: bahwa penentu hidupmu adalah dirimu sendiri. Biarkan orang lain memberimu masukan dan saran serta kritik. Namun, pada akhirnya, kamu sendirilah yang memilah dan memilih masukan dan saran serta kritik mana yang cocok untuk hidupmu.

"Manusia itu seperti rumah dengan ruangan yang luas dan jendela yang sempit. Dan mungkin sesungguhnya itu sesuatu yang baik, karena dengan begitu kita tidak akan berhenti saling memberikan kejutan satu sama lain." (hal. 311)

Ulasan ini diikutsertakan dalam "Read and Review Challenge 2017" kategori Young Adult Literature.


Baiklah. Aku sudah terlalu banyak cerita tentang Simon dan Blue. Tapi, percayalah, buku ini memberikan keindahan dengan caranya sendiri. Aku juga akan membagikan keindahan tersebut melalui giveaway persembahan Penerbit Spring yaitu sebuah bookmark Oreo. Bukan buku? Kamu akan mendapatkannya setelah mengikuti seluruh rangkaian blog tour. Tapi, kenapa Oreo? Karena Simon suka sekali dengannya! Ia bahkan makan siang berbahan dasar Oreo bersama seseorang. Jadi, siapa yang mau bookmark Oreo? Caranya mudah:
  1. Ikuti "Ough, My Books!" via Google Friend Connect (GFC), Bloglovin, atau E-mail. Ikuti akun Twitter @raafian dan Twitter @penerbitspring.
  2. Bagikan tautan giveaway ini via akun media sosialmu dengan mention akun di atas.
  3. Tulis Akun Twitter, kota domisili, dan tautan share tweet pada kolom komentar.
  4. Giveaway ini berakhir pada 9 Februari 2016. Pengumuman pemenang paling lambat 3 hari setelahnya.
Semoga beruntung!

***

Update!

Wow. Ada lebih dari 50 komentar yang bersarang di postingan ini. Itu berarti ada lebih dari 50 orang yang berminat dengan buku ini. Untuk jenis blog tour dengan waktu hanya empat hari, bisa dikatakan angka 52 itu banyak. Sayangnya, teman-teman tidak akan berlomba mendapatkan bukunya, namun hanya sebuah bookmark saja. Aku pun berharap penerbit bisa membuat giveaway berhadiah buku. Mungkin pada kesempatan selanjutnya! Terima kasih buat teman-teman yang sudah berpartisipasi. Aku harus memilih satu nama sebagai pemenang giveaway ini di blog Bibli. Aku akan memilihnya acak. Jadi, selamat kepada:

Naufal Muttaqien (@NaufalRM)

Silakan kirimkan data diri (nama, alamat lengkap, kode pos, dan nomor telepon) via oughmybooks (at) gmail (dot) com. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan terima kasih pula kepada penerbit. Sampai jumpa pada blog tour dan giveaway Bibli selanjutnya!!

54 komentar :

  1. Twitter: @aa_muizz
    Domisili: Semarang
    Link Share: https://twitter.com/aa_muizz/status/828427205701013504

    :)

    BalasHapus
  2. Twitter : @CallMe_yanti
    Domisili : Martapura, Kal-Sel
    Link Share : https://twitter.com/CallMe_Yanti/status/828434794547589120



    wish me luck

    BalasHapus
  3. Twitter: @arthms12
    Domisili: Bandung
    Link share: https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/828443086762110977

    BalasHapus
  4. Twitter : @fakhrina_fm
    Domisili : Kraksaan, Probolinggo
    Link Share : https://twitter.com/fakhrina_fm/status/828445238125531138

    BalasHapus
  5. @richoiko
    blitar
    https://twitter.com/richoiko/status/828449334362398720

    BalasHapus
  6. @fazidaa_
    Jakarta Timur
    https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/828451635072425984

    BalasHapus
  7. Twitter : @Zhaa_Riza23
    Domisili : Bogor
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/828462145993969664

    BalasHapus
  8. Ikuutt! :)

    Akun twitter : @inokari_
    Kota domisili : Kota Bintuhan, Bengkulu
    Tautan link share : https://twitter.com/Inokari_/status/828463219786215424

    BalasHapus
  9. Twitter : @poetstories
    Domisili : Jakarta Timur
    Link : https://twitter.com/PoetStories/status/828464592942624769

    BalasHapus
  10. @fira_yoopies
    Pekanbaru, Riau
    https://twitter.com/fira_yoopies/status/828467398323769344

    BalasHapus
  11. Twitter: @kysmpnvii
    Domisili: Bandung
    Link share: https://twitter.com/kysmpnvii/status/828470138185740289

    BalasHapus
  12. akun twitter: @alfari_12
    domisili: sidoarjo
    tautan: https://twitter.com/alfari_12/status/828477286026399744

    BalasHapus
  13. @anandanf07 | Bogor | https://twitter.com/anandanf07/status/828536455857270784

    Thankyoou kak raafi😋

    BalasHapus
  14. Twitter: @_detektifhati
    Domisili: Purwokerto
    Link share: https://twitter.com/_detektifhati/status/828537583881768962

    BalasHapus
  15. Akun Twitter: @AdinRim
    Kota Domisili: Temanggung, Jateng
    Link Share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/828538235483676672

    BalasHapus
  16. Twitter : @aminatuzzahra21
    Domisili : Bogor
    Link Share :https://twitter.com/aminatuzzahra21/status/828539743407394817

    BalasHapus
  17. @rinicipta
    Malang, Jawa Timur
    https://twitter.com/RiniCipta/status/828547835721347072

    BalasHapus
  18. Twitter: @Ashannography
    Domisili: Bandung
    Link Share: https://twitter.com/Ashannography/status/828557092571095041

    BalasHapus
  19. Twitter: @ummi_hnf
    Domisili: Samarinda,Kalimantan Timur
    Link share: https://twitter.com/ummi_hnf/status/828596779826307072

    BalasHapus
  20. Twitter: @NaufalRM
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://twitter.com/NaufalRM/status/828599270857076737

    BalasHapus
  21. @ryanie31 | Tangerang | https://twitter.com/ryanie31/status/828603751497814016

    BalasHapus
  22. @ryanie31 | Tangerang | https://twitter.com/ryanie31/status/828603751497814016

    BalasHapus
  23. @nihlafuadah09 // Tangerang // Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/828607418741334018?s=09

    BalasHapus
  24. Twitter : @PidaAlandrian92
    Domisili : Aceh
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/828607721993670656

    BalasHapus
  25. Bety Kusumawardhani06 Februari, 2017 21:57

    Akun Twitter: @bety_19930114
    kota domisili: Surakarta
    tautan share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/828616231116644352?p=v

    BalasHapus
  26. Twitter : @rachmadaa
    Domisili : Madiun, Jawa Timur
    Link share : https://twitter.com/rachmadaa/status/828627744602746880

    Merci😆

    BalasHapus
  27. Twitter: @Linaernaw
    Domisili: Tangerang
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/828631778915020800

    BalasHapus
  28. Twitter : @suci_ramadhan21
    Domisili : Lampung Selatan
    Link share : https://mobile.twitter.com/suci_ramadhan21/status/828665508803141632

    BalasHapus
  29. Twitter : @annisakih
    domisili : Batam, KepRiau
    link share : https://twitter.com/Annisakih/status/828671155930140672

    BalasHapus
  30. Twitter: @MayaElfianiY
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/828709478086217729

    BalasHapus
  31. Twitter: @rohaenah1
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/828826659767808005

    BalasHapus
  32. twitter : @juwita_es
    domisili : lampung
    link share : https://mobile.twitter.com/juwita_es/status/828839632418852864?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9452125877

    BalasHapus
  33. Twitter: @san_fairydevil
    Domisili: Surakarta
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/828855012985966592

    BalasHapus
  34. twitter : @dhen_yoiyoi
    domisili: Sidoarjo
    link tweet : https://twitter.com/Dhen_yoiyoi/status/828875639843217409

    BalasHapus
  35. Twitter : @nin9ty4z
    Domisili : Pati, Jawa Tengah
    Link share : mobile.twitter.com/nin9ty4z/status/828779881517289472?p=v

    BalasHapus
  36. Twitter :@Dini_Auliana28
    Dimisili :Lampung Tengah
    Link share :https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/828914370759446528

    BalasHapus
  37. Twitter: @adindilla
    Kota: Cirebon
    Link: https://twitter.com/adindilla/status/828914783525023744

    BalasHapus
  38. Twitter: @anisazahra01
    Domisili: Tasikmalaya, Jawa Barat
    LInk share: https://mobile.twitter.com/anisazahra01/status/828922342189338624?p=v

    BalasHapus
  39. Twitter: @ellaverina_
    Domisili: Bangkalan
    Link share: https://twitter.com/ellaverina_/status/828942390232641536

    BalasHapus
  40. Akun Twitter: @nurulastrirmdn
    Domisili: Tangerang
    Link Share: https://twitter.com/nurulastrirmdn/status/828960456312180736

    BalasHapus
  41. Akun Twitter : @RaaChoco
    Domisili : Purwakarta
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/829000642748297218?p=v

    BalasHapus
  42. Akun Twitter : @keyminoz
    Domisili : Gresik
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/829134908375175168

    BalasHapus
  43. twitter: @Kikii_Rye
    domisili: Sidoarjo
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/829147673269637120

    BalasHapus
  44. *bismillah~*

    Akun twitter: @vyselvia
    Domisili: Malang
    Link share: https://twitter.com/vyselvia/status/829191929292275712

    *semoga beruntunggggg~*

    BalasHapus
  45. Twitter: @febyaulia316
    Domisili: bogor tengah
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/829299563009818624

    BalasHapus
  46. Twitter: @FJrean
    Domisili: Nganjuk
    Tautan: https://twitter.com/FJrean/status/829368943831719936

    BalasHapus
  47. Akun twitter: @WoMomFey
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/829437666940719104

    BalasHapus
  48. Nama twitter : NhisaMinoz75
    Domisili. : Kolaka, Sulawesi Tenggara.
    Link Share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/829445253933342720?p=v

    BalasHapus
  49. @dabelyuphi
    Ambarawa
    https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/829096105317134337?p=v

    BalasHapus
  50. Twitter: @indriaHR
    Domisili: Bandung
    Link share: https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/829469652178710529

    BalasHapus
  51. @sitasiska95
    Morowali, Sulawesi Tengah
    https://twitter.com/sitasiska95/status/829567236960497664

    BalasHapus
  52. Twitter: @Lynlainy17
    Domisili: Rantau, Kalimantan Selatan
    Link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/829291337400844288

    BalasHapus
  53. Twitter: @lia_agustiin
    Domisili: Jambi
    Link: https://twitter.com/lia_agustiin/status/830201773302312960

    BalasHapus
  54. kayaknya bagus ya. so far aku lumayan suka sama buku2 YA bertema LGBT. Favoritku si Will Grayson :) Mungkin nanti kapan2 akan coba baca kisah si Simon...

    BalasHapus

Back to Top