31 Mei 2015

Reckless

Pengarang : Cornelia Funke
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Dibaca : 27 Mei 2015
Rating : ★★★★

"Dunia di dalam maupun di luar cermin ternyata sama saja, sama-sama memiliki obsesi pada kata-kata muluk tak bermakna." (hal. 286)

Di sela kerja kantoran yang sudah dimulai minggu lalu, sebisa mungkin aku menyempatkan membaca karena sepertinya aku tidak bisa lepas dengan kegiatanku yang satu ini. Lagi pula, daripada menunggu kemacetan pada saat berangkat dan pulang kerja hanya dengan berdiri atau duduk diam, lebih baik mengisinya dengan membaca. Sungguh, macet itu menjengkelkan. Untung ada buku ini.

***

Jacob Reckless punya rahasia yang tidak pernah dia bagi kepada siapa pun, tak terkecuali adiknya, Will. Dia bisa pergi ke dunia lain yang menurutnya berbahaya untuk bertualang; mencari harta karun yang diidam-idamkan Sang Kaisar dan lainnya. Tapi pada suatu hari, dia begitu ceroboh untuk berhati-hati hingga Will melihatnya menembus cermin besar berukir yang telah lama ada di kamar ayah mereka.

Hal mengejutkan lain: kulit Will perlahan-lahan berubah mengeras dan berganti warna serupa giok hijau. Jacob tahu bahwa ini adalah sihir. Sihir dari Peri Gelap, istri Kami'en, Raja bangsa Goyl. Jacob tak tinggal diam. Dia harus mengembalikan kulit adiknya seperti semula. Bersama Rubah, Clara, dan Valiant, mereka memulai perjalanan menelusuri Duniacermin. Apakah Jacob masih punya waktu untuk menyelamatkan adiknya?

25 Mei 2015

[Announcement] Pemenang Giveaway "Senja yang Mendadak Bisu"


Akhirnya tiba untuk mengumumkan pemenang paket satu buku Senja yang Mendadak Bisu dan plus satu totebag Kampus Fiksi dari Penerbit DIVA Press. Setelah memilah-milah hampir 40 jawaban yang bersarang pada komentar postingan blog, aku memutuskan jawaban yang paling menarik adalah:

23 Mei 2015

Paper Towns

Sampul
Judul : Kota Kertas
Judul Asli : Paper Towns
Pengarang : John Green
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2014
Dibaca : 18 Mei 2015
Rating : ★★★

Biar aku hitung dulu: The Fault in Our Stars, Looking for Alaska, dan Will Grayson, Will Grayson kalau boleh dihitung. Dengan buku ini, berarti sudah empat buku John Green yang kubaca. Mungkin aku akan terus membaca karya-karyanya, mengingat temanya yang kontemporer dan "sangat remaja". Yah, paling tidak aku akan terus merasa forever young dengan membaca kisah-kisah remaja.

Sejujurnya, aku membaca buku ini karena filmnya yang akan rilis Juli mendatang. Kabarnya kru film Paper Towns masih sama dengan The Fault in Our Stars. Kalau dilihat lagi, film TFIOS bisa dibilang sukses walaupun sedikit melenceng dari novelnya. Yah, tidak bisa dipungkiri novel dan film adalah dua hal yang berbeda. Jadi, supaya tidak merasa kecewa setelah menonton filmnya, aku membaca novelnya lebih dulu.

***

Cerita bermula ketika Quentin Jacobsen dipaksa oleh Margo Roth Spiegelman, teman masa kecilnya, melaksanakan sebuah rencana. Serunya, Margo mengajak Q di tengah malam. Walaupun awalnya Q segan karena besoknya adalah hari sekolah, Margo bersikukuh bahwa malam itu akan menjadi malam yang seru.

18 Mei 2015

Senja yang Mendadak Bisu Blog Tour + Giveaway


Yeay! Bibli dipercaya lagi untuk mengadakan blog tour di blog Bibli. Kali ini Bibli bekerja sama dengan Penerbit DIVA Press dan Kampus Fiksi untuk membagikan satu buku "Senja yang Mendadak Bisu" karya teman-teman alumni Kampus Fiksi pada ulang tahun kedua Kampus Fiksi. Kita cari tahu seberapa bagus fiksi para kandidat ini!

12 Mei 2015

Katastrofa

Sampul
Judul : Katastrofa
Pengarang : Jodhi Giriarso
Penerbit : Moka Media
Tahun : 2014
Dibaca : 10 Mei 2015
Rating : ★★★

Sejak pertama buku ini terbit tahun lalu, entah perasaan atau insting dari mana aku harus membacanya. Setelah beberapa bulan buku ini beredar di toko buku dan setelah menahan diri untuk hemat, akhirnya aku sempatkan untuk membaca buku ini. Benar saja, hanya dalam sehari semalam disela kegiatan lain, buku ini habis kubaca.

Ada dua hal yang menambah aku sangat ingin membaca buku ini: tagline pada sampul yang tertulis "Sebuah Novel Thriller" dan sampul itu sendiri. Setelah membaca Koin Terakhir dan Rencana Besar, aku masih terus penasaran dengan buku lokal bergenre thriller. Sejauh mana genre ini berkembang di Indonesia.

Dan sampulnya, aku cuma terpesona dengan warna dan kumpulan burung yang membentuk lingkaran pohon itu. Aku sempat taruh gambar buku ini di Blackberry Messenger dan salah satu teman berkata sampulnya mirip dengan sampul Berjuta Rasanya milik Tere Liye. Setelah aku cek, memang mirip. Hanya saja latar belakang sampul buku ini lebih penuh warna.

08 Mei 2015

Smile

Sampul
Judul : Senyum
Judul Asli : Smile (Smile, #1)
Pengarang : Raina Telgemeier
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2010
Dibaca : 7 Mei 2015
Rating : ★★★★

Satu hal yang membuatku ingin baca buku ini adalah Sisters—sekuel Smile—masuk nominasi Best Middle Grade & Children's Goodreads Choice Awards 2014. Jadi, sebelum membaca Sisters, sembari menunggu terjemahannya, aku meminjam buku ini dan mencoba menilik cita rasa penulis.

Buku ini membuatku terkesima karena merupakan novel grafis yang dibuat penulis yang juga merangkap sebagai ilustrator. Kebanyakan penulis selalu berduet dengan ilustrator untuk membentuk satu proyek novel grafis. Bagaimana mungkin penulis merancang ide cerita sembari membuat objek ilustrasi?

***

Cerita bermula ketika Raina—yup, nama tokohnya juga Raina—yang masih kelas enam jatuh di depan rumahnya ketika berlari pulang ditemani kedua temannya. Mulutnya berdarah. Dua gigi serinya yang paling depan copot. Tentu saja dia dibawa ke dokter gigi. Dia harus memakai kawat gigi dan mungkin akan terus ke tempat dokter gigi untuk beberapa tahun ke depan.

06 Mei 2015

Charlotte's Web

Sampul
Judul : Charlotte's Web
Pengarang : E.B. White
Penerbit : Dolphin
Tahun : 2013
Dibaca : 4 Mei 2015
Rating : ★★★★★

"Kami pergi dari sini bersama angin yang bergerak naik. Itulah saatnya untuk mengembara. Kami ini aeronaut. Kami akan pergi menjelajah dunia untuk membuat jaring kami sendiri." (hal. 232)

Salah satu alasan kenapa aku terus membaca adalah merasakan pengalaman penulis bercerita. Begitu juga dengan buku terkenal ini yang juga termasuk 1001 buku yang harus dibaca sebelum mati. Ada pelajaran-pelajaran yang apabila kalian baca dengan saksama akan tahu arti tersiratnya. Miris rasanya karena aku hanya membayar Rp 15.000 untuk buku sebagus ini.

***

Wilbur lahir di kandang milik keluarga Arable. Akan tetapi babi itu akan "dibereskan" karena kerdil, kecil, dan lemah. "Tidak akan pernah laku dijual," kata Pak Arable. Fern, anak perempuan Pak Arable, yang tahu akan hal itu berteriak dan mendesak Pak Arable agar tak melakukan hal keji itu. Bilapun Pak Arable mengatakan Wilbur akan menyusahkan Fern berkeras untuk merawatnya.

05 Mei 2015

[R&B] Episode Harry Potter dan Batu Bertuah

Edited by Me
R&B adalah fitur baru yang akan membawa kita membaca ulasan Bibli lebih berbeda. Mengambil tema hubungan Raafi dan Bibli yang penuh lika-liku layaknya sepasang kekasih, kita diajak merasakan itu semua dengan gaya R&B. Dengan sedikit humor garing, kita dibawa merasakan pengalaman membaca ulasan lain dari yang lain.

***

Raafi dan Bibli sedang dalam obrolan minum kopi seperti biasa. Sepertinya Bibli mengatakan bla bla bla memecahkan telor bla bla bla. Ada apa gerangan? Apakah Raafi lagi-lagi memecahkan telur yang ada di lemari es mereka? Bibli pasti akan mengomel karena harga telur sekarang mencapai Rp 20.000 per kilogramnya. Siap-siap saja akan ada piring terbang di dapur. Untuk tahu lebih lanjut, mari kita intip bersama.

03 Mei 2015

[Reading Challenge] Lucky No.15 Reading Challenge


Sudah bulan 05 di 2015 dan Lucky No.15 Reading Challenge masih bergaung di telinga. Entah karena ke-15 kategori tantangan yang benar-benar menantang atau karena ini adalah tantangan bergengsi. Dua-duanya mungkin benar. Pada akhirnya aku coba ikuti tantangan ini.

Lucky No.15 Reading Challenge adalah tantangan membaca yang berisi 15 kategori tantangan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun dimulai 15 Januari 2015 hingga 15 Januari 2016. Setiap kategori harus diisi minimal satu ulasan. Berikut 15 kategori Lucky No.15 Reading Challenge (yang dilanjutkan ulasan buku yang dibaca sesuai kategori).

[Announcement] Pemenang Giveaway To All the Boys I've Loved Before


Akhirnya tiba untuk mengumumkan pemenang total dua buku To All the Boys I've Loved Before dari Penerbit Spring. Seharusnya aku mengumumkannya 1 Mei lalu. Tidak apa kan kalau aku umumkan sekarang?

Setelah memilah-milah 45 jawaban di komentar—yang mungkin paling banyak selama Blog Tour yang diselenggarakan Penerbit Spring, aku memutuskan beruntung mendapatkan novel-dengan-akhir-cerita-menggantung ini adalah:

Back to Top