05 Juli 2016

Raafi & Bibli's Summer Reading List

Edited by Me

Membaca bukan hal sulit bagi Pembaca Aktif untuk dilakukan baik pada hari-hari biasa maupun liburan seperti saat ini. Seperti juga Pembaca Aktif yang mendedikasikan hidupnya untuk buku dan membaca, Raafi dan Bibli juga bertekad untuk mengisi libur Lebaran kali ini dengan membaca. Walaupun liburan hanya seminggu dan selanjutnya berkutat kembali dengan sibuknya pekerjaan. Maka itu Raafi dan Bibli membuat sebuah postingan tanpa embel-embel liburan tetapi musim panas. Yah, bulan Juli memang identik dengan musim panas kan?

Bersamaan dengan tema Posting Bareng BBI bulan Juli, #BBIHoliday, setiap peserta diharuskan membuat master post seputar daftar bacaan yang akan dibaca bulan ini. Jadi, karena Raafi dan Bibli sedang bersama-sama ingin membabat timbunan pada liburan kali ini, dan karena Raafi dan Bibli ingin merasakan suasana musim panas walaupun di Indonesia tidak terjadi tapi tetap ingin merasakannya, maka Raafi dan Bibli membuat "Raafi & Bibli's Summer Reading List". Apa saja buku yang akan diikutsertakan dalam acara kali ini?


Siapa yang tahu kalau buku ini sudah tertimbun sekitar dua tahunan di rak penyimpanan? Yah, aku baru saja memberitahumu. Ringkasnya, buku ini berisi perjalanan panjang—persis seperti judul terjemahannya—Amy dan Roger. Dan saat aku menulis ini, aku sudah berada pada 20% buku, Dan memang perjalanannya berlangsung pada musim panas (aku lupa bulan Juni atau Juli). Dan seperti itulah. Aku tidak berharap banyak pada buku ini. Tapi, lebih baik aku tidak memberikan ekspektasi apa pun—yang buruk sekalipun.


Sebenarnya, aku sudah mengidam-idamkan buku ini setelah mengetahuinya. Dan mungkin inilah waktu yang tepat untuk membacanya. Laut? Lelaki tua? Ya. Tepat. Dan lagi-lagi, aku sudah berada pada halaman 20-an dari 100-an halaman saat aku menulis ini. Mau bilang aku curang? Tidak! Aku anti-kecurangan. Aku memang membacanya pada bulan Juli kok. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi antara lelaki tua dan laut? Apakah mereka akan bahagia selamanya?


Kalau buku ini, aku ingin membacanya karena mungkin cocok dengan diriku yang 'bohong'. Yah, aku tidak membantah bahwa manusia pasti pernah berbohong kan? Dan aku juga sedang dalam misi membaca buku bergenre Young Adult untuk menggenapi tantangan membacaku. Aku pikir buku ini cocok sebagai bacaan musim panas karena: sampul terjemahannya sangat jelas memberitahu hal itu. Anak-anak yang menceburkan diri ke laut? Pasti mereka sedang liburan dan cuaca saat itu dalam kondisi baik. Tentang ceritanya? No clues!

***

Itulah tiga buku yang akan kubereskan bersama Bibli selama bulan ini. Sejujurnya, aku belum pernah sekalipun membuat daftar bacaan karena: (1) aku tidak suka diatur, aku selalu ingin membaca apa yang aku ingin baca tanpa melihat daftar terlebih dahulu; dan (2) aku memang tidak ada waktu untuk membuat daftar. Bagaimana mungkin? Dari berpuluh-puluh buku yang kupunyai dan belum kubaca, aku harus membuat daftarnya? Butuh setahun lebih untuk menghabiskannya. Dan itu berarti aku tidak membeli buku lagi yang merupakan resolusi ter-'tak bisa dilakukan' setiap tahun. Jadi, doakan aku bisa berpegang teguh pada daftar bacaan ini.

Oh ya, sekalian saja pada postingan ini, segenap manajemen dan staf "Ough, My Books!" mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1437 H. Maafkan segala ulasan yang ofensif dan tidak lucu. Itu memang sebuah kesengajaan. Yah, kalau besok-besok melakukannya lagi, kami akan meminta maaf kembali pada lebaran berikutnya. Mudah kan?

Bagi yang belum tahu syarat dan ketentuan Posting Bareng BBI Juli ini bisa kunjungi forum di sini. Kamu, apa bacaan yang akan kaubabat bulan ini?

Tidak ada komentar :

Posting Komentar