28 November 2013

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Sampul
Judul : Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Judul Asli : Bibbi Bokkens Magiske Bibliotek
Pengarang : Jostein Gaarder & Klaus Hagerup
Penerbit : Penerbit Mizan
Tahun : 2011
Dibaca : 28 November 2013
Rating : ★★★★

Bisa jadi salah satu bacaan favorit. Enak banget dibaca. Mungkin, hanya mungkin, kalau baca di hari libur aku bakal selesai dalam sehari. Aku mendapatkan novel ini dariIndonesia Book Fair awal November lalu. Diskonnya lumayan....

Jadi apa isi buku ini? Apa benar Perpustakaan itu Ajaib? Ajaib dalam arti kata apa? Memiliki ramuan-ramuan penyembuh, lengkap dengan tongkat sihir dan jelaga besar berisi cairan sakral? Atau hanya makna?

Aku yakin novel ini memiliki gaya penulisan yang berbeda dari sebagian besar buku lainnya. Bagaimana tidak? Narasinya berupa balas-membalas surat oleh dua muda-mudi yang masih sepupuan, yaitu Nils dan Berit. Tebak siapa yang muda dan siapa yang mudi! Ayo tebak! Pasti kalian salah terka!

Buku itu dinamakan buku-surat. Jadi ada satu buku besar seukuran folio yang mereka beli dari sebuah toko buku dan mereka tuliskan kehidupan mereka sehari-hari dan satu kasus yang karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka menjadi semacam detektif dengan segala dugaan yang mereka buat pada kasus itu. Kasus apakah itu? Ya. Tentang Perpustakaan Ajaib dan Bibbi Bokken yang sangat misterius. Apakah Bibbi Bokken itu seorang penyihir, maksudnya, seorang penyihir buku? Atau siapa sebenarnya dia?

Setelah mereka masuk cukup dalam dalam kasus, mereka mulai menemukan titik terang dalam keingin-tahuan mereka. Mereka akhirnya bertemu dengan Bibbi Boken dan, tadaaa ... Bibbi Bokken sangat tahu tentang dunia perbukuan. Dia mejelaskan segala pertanyaan yang diajukan oleh Nils dan Berit. Dan memang, segala dugaan yang dikemukakan oleh Nils dan Berit banyak yang benar.

Tapi mengapa mereka terlibat dalam kasus Perpustakaan Ajaib milik Bibbi Bokken? Apa hubungannya Perpustakaan Ajaib itu dengan buku-surat yang mereka buat beberapa waktu terakhir itu? Apa mereka dijebak? Atau mereka sedang membuat suatu karya tanpa mereka sadari?

Kalian yakin ingin membaca novel ini. Aku yakin kalian ingin! Biar kuberi tahu, novelnya tipis. Tidak sampai 300 halaman. Dan isinya, kau tak akan bosan. Ada cerita pendek, puisi, pengetahuan tentang perbukuan dan penyimpanan buku, sejarah awal dibuatnya buku-cetakan, dan segala yang berhubungan dengan buku dan perpustakaan diajarkan di novel ini. Walaupun semuanya berisi pengetahuan atau "ilmu", novel ini tidak seperti sedang menggurui pembaca.

Novel ini seperti memberi advice untuk tidak hanya membaca, tapi untuk menulis. Novel "Inspirasi"!


"Buku adalah teman terbaik."

"Siapa yang bisa menemukan buku yang tepat, akan berada di tengah-tengah teman terbaik. Di sana kita akan berbaur dengan karakter yang paling pintar, paling intelek, dan paling luhur; di sana kebanggaan dan keluhuran manusia bersemayam."

OH, AKU SEMAKIN CINTA BUKU DAN MEMBACA!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar