29 Februari 2016

[Announcement] Pemenang Reruntuhan Musim Dingin Giveaway


Saatnya pengumuman "Reruntuhan Musim Dingin Giveaway"Ada lebih dari 10 komentar berisi cuplikan cerita yang dibuat dengan menyisipkan frasa "reruntuhan musim dingin". Aku sedikit kecewa karena partisipan giveaway kali ini tidak sesuai ekspektasi. Mungkinkah karena perintah yang diberikan terlalu merepotkan? Akan menjadi bahan evaluasi Tim Pembuat Pertanyaan.

Lalu siapa yang beruntung mendapatkan 1 buku "Reruntuhan Musim Dingin" karya Sungging Raga? Setelah menilik semua cerita yang bisa dibilang, dibuat secara dadakan, aku mendapatkan satu cuplikan yang membuatku sedikit berimajinasi ketika membacanya dan aku memutuskan si pemilik cerita itulah pemenangnya. Dia adalah:

27 Februari 2016

Ulasan Buku: Flipped

Sampul
Judul : Flipped
Pengarang : Wendelin Van Draanen
Penerbit : Orange Books
Tahun : 2011
Dibaca : 26 Februari 2016
Rating : ★★★★

Aku tahu buku ini ketika di kantor lama teman membawa buku ini dan merekomendasikannya padaku. Sejak saat itu aku coba mencari jejak buku ini, dan beruntunglah pada akhirnya dapat dalam edisi terjemahan yang sepertinya sudah lumayan langka. Lalu, saat teman blogger merekomendasikan buku ini sebagai buku romance favorit dan ada seseorang yang mau diajak baca bareng, aku tak akan menunggu lebih lama lagi untuk membacanya.

***

Seorang anak laki-laki bermata biru menarik perhatian Julianna Baker. Ada tetangga baru—sebuah keluarga—yang menempati rumah di depan tempat tinggalnya. Dengan niat baik, Juli menghampiri mereka dan membantu keluarga itu pindahan. Dan, ya ampun, si empunya mata biru itu benar-benar mengalihkan dunianya. Si empunya mata biru yang pada akhirnya dia tahu bernama Bryce Loski.

Bryce Loski tidak senang dengan gadis itu. Tiba-tiba saja datang mengganggu hidupnya. Bahkan ketika mereka belum kenal pun gadis itu sudah mencoba ambil alih perintah dan pamer; memanjati kardus-kardus yang ada di dalam mobil van penangkut barang. Tidak, Bryce sama sekali tidak suka dengan polah gadis itu. Bryce tidak suka kepada gadis yang pada akhirnya dia tahu bernama Julianna Baker.

22 Februari 2016

Reruntuhan Musim Dingin Blog Tour + Giveaway


Raafi dan Bibli kembali dipercaya menyelenggarakan blog tour sekaligus giveaway bersama Penerbit DIVA Press. Kali ini, kumpulan cerita pendek karya Sungging Raga menjadi tamunya. Jujur, aku belum membaca satu pun cerpennya. Bagaimana ya gaya penceritaannya? Langsung ditilik saja!

21 Februari 2016

Ulasan Buku: Big Nate

Sampul
Judul : Big Nate: In a Class by Himself
(Big Nate Novels #1)
Pengarang : Lincoln Peirce
Penerbit : Harper Collins
Tahun : 2010
Dibaca : 16 Februari 2016
Rating : ★★★

Aku menemukan buku ini di tumpukan buku-buku berkover keras di rak buku kantor. Awalnya hanya membaca sekilas karena sedang suntuk. Dan tepat! Aku terus membaca hingga sekitar 30 halaman dan suasana hati membaik. Aku sadar, ketika kau membutuhkan waktu rehat alih-alih hiburan, buku anak-anak yang mengandung komedi seperti buku ini bisa menjadi pilihan.


***

Seperti biasa, sekolah selalu menjadi kegiatan yang membosankan bagi Nate. Anak kelas 6 Sekolah Dasar ini mencari cara agar dia tidak perlu pergi ke sekolah hari itu. Teringat mimpi buruknya bersama Mrs. Godfrey dan melihat temannya bernama Francis pagi itu membaca buku teksnya ynag mengindikasikan ada tes hari itu, dia semakin tidak ingin pergi.

Tapi akhirnya Nate Wright tiba juga di sekolah. Dia ditawati kue keberuntungan oleh temannya. Dan tebak apa kalimat yang ada di dalamnya! "Hari ini kau akan melampaui segalanya." Nate tersenyum dan merasa beruntung karena mendapatkan kalimat itu hari itu! Apakah kalimat pada kue keberuntungan itu sama dengan yang akan dihadapinya hari itu di sekolah?

20 Februari 2016

[Announcement] Pemenang Kata Mereka Giveaway


Kaget. Kata yang tepat untuk penyelenggaraan giveaway kali ini. Awalnya aku tebak sedikit yang bakal ikutan karena hadiahnya adalah novel-novel di atas. Ternyata tebakanku salah. Mungkin kedua buku itu adalah yang paling dicari akhir-akhir ini. Atau mungkin memang karena genre romance-nya yang banyak disukai para pembaca.

Aku berterima kasih kepada kepada narasumber teman-teman blogger buku yang bersedia opininya menjadi bahan bahasan pada Posting Bareng BBI 2016 bulan ini. Juga para peserta giveaway yang tembus 40 komentar lebih. Wow! Aku juga berterima kasih kepada teman-teman blogger kondang yang ikutan giveaway ini dan secara tidak langsung meyebarluaskannya melalui media sosial.

17 Februari 2016

Ulasan Buku: Singapore Begins

Sampul
Judul : Singapore Begins
Pengarang : Agata Barbara
Penerbit : Ice Cube
Tahun : 2015
Dibaca : 14 Februari 2016
Rating : ★★★

Ada begitu banyak hal yang bisa kauceritakan berhubungan dengan remaja. Dari sisi psikologi, remaja bisa dibilang selalu memiliki sifat egois dengan kadar paling banyak dibandingkan jenjang umur lain. Dari sisi pengalaman hidup, realitas kehidupan yang sebenarnya sedikit demi sedikit ditemui oleh para remaja. Selain kebanyakan pembaca fiksi adalah mereka yang berusia remaja, penjabaran di atas bisa jadi alasan penerbit berikutnya untuk membuat lini Young Adult Realistic Novel.

***

Kanna baru saja lulus SMA dan diminta oleh kedua orangtuanya untuk melanjutkan studi di Singapura. Alasan pendidikan dan pengalaman menjadi alasan Papa dan Mama Kanna kenapa ia harus pergi. Tetapi Kanna tahu, ada alasan lain juga. Kanna terlalu mandiri, tidak bisa berbaur dengan orang lainbahkan dengan teman sekelasnya sendiri. Dingin. Tertutup.

Siapa yang akan tahu kalau tidak mencoba? Kanna akhirnya tiba di Singapura. Tak disangka ia berada satu rumah dengan teman-teman dari berbagai negara. Awalnya ia merasa tidak bisa menjalani hidupnya. Tetapi Kanna terus mencoba dan mencoba; membuka diri pada teman sekamarnya, Sally. Juga kepada teman-teman satu rumah lainnya.


15 Februari 2016

Kata Mereka Tentang Hari Kasih Sayang + Giveaway


Setelah Bibli yang berbincang mesra bersama Hestia yang diwakili oleh Shiori-ko di sini, sekarang giliranku yang meramaikan Posting Bareng BBI 2016 bertema #BBIValentinesDay.

Seusai membaca "For One More Day" karya Mitch Albom yang berkisah tentang ibu dengan anak laki-lakinya dan membuat ulasannya di sini, aku mencoba membuat satu bahasan menyangkut tema itu. Dan masih dalam euforia Hari Kasih Sayang, aku bertanya kepada beberapa teman-teman blogger buku seumuranku pendapat mereka tentang Hari Kasih Sayang. Tiga poin yang aku minta pendapat kepada mereka: (1) hal khusus untuk mengungkapkan rasa kasih sayang terhadap orangtua dan kenangan manis bersama mereka, (2) perlunya Hari Kasih Sayang, dan (3) rekomendasi buku tema kasih sayang. Ayo kita cari tahu!

14 Februari 2016

Bibli & Shiori-ko in Crush: Perkara Hari Kasih Sayang


"Sebagai seorang teman yang baik dan saya sendiri sudah menganggap Raafi dan Bibli teman yang sangat dekat, rasanya tidak mungkin jika mengabaikan ajakan untuk merayakan Hari Kasih Sayang sebagaimana hari tersebut menjadi sesuatu yang bersifat universal. Terlepas dari pro dan kontranya, saya yakin, Hari Kasih Sayang yang juga disebut dengan Valentine's Day kini menjadi suatu komoditas yang mendatangkan banyak keuntungan. Namun, kali ini, marilah saya bersama Bibli berbagi kasih sayang kepada pembaca." —Shiori-ko

Pengantar di atas dituliskan langsung Shiori-ko, blog buku Kak Hestia, ketika Bibli mengirimkan surel untuk meminta pendapat tentang Hari Kasih Sayang yang jatuh tepat pada hari ini. Bibli berpendapat kasih sayang tidak melulu disimbolkan dengan pasangan atau kekasih. Kasih sayang yang universal menurut Bibli adalah ketika kamu bisa lebih mengasihi dan menyayangi orang-orang terdekatmu, termasuk, tentu saja ayah dan ibumu.

Karena Kak Hestia terlalu sibuk, dia menyerahkan pertanyaan-pertanyaan Bibli langsung kepada Shiori-ko. Bibli dan Shiori-ko akhirnya berbincang mesra. Tidak hanya membahas kasih sayang kepada orangtua, tetapi juga hal-hal lainnya. Untuk memudahkan membaca, Bibli disingkat (B) dan Shiori-ko disingkat (S). Satu hal lagi: jawaban-jawaban Shiori-ko adalah representasi dari jawaban Kak Hestia ya!

12 Februari 2016

Ulasan Buku: For One More Day

Sampul
Judul : Satu Hari Bersamamu
Judul Asli : For One More Day
Pengarang : Mitch Albom
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Dibaca : 7 Februari 2016
Rating : ★★★★

Buku pertama di bulan ini yang sekaligus menjadi bahan penunjang untuk Posting Bareng BBI bertema #BBIValentinesDay. Sedikit melenceng karena kisah yang dituturkan pada buku ini bukan tentang cinta kepada pasangan atau sang kekasih, tetapi lebih kepada keluarga terutama sang ibu. Setelah ini bakal ada postingan khusus untuk menyemarakkan Posting Bareng BBI bulan Februari.

***

Charles "Chick" Benetto bertemu dengan pencerita untuk mengisahkan masa lalunya. Pria yang sering dipanggil Chick ini memiliki satu kejadian yang memilukan sekaligus membahagiakan. Ia bertemu dengan ibunya yang seharian mengajaknya jalan-jalan di kota kelahirannya, padahal seperti yang ia ketahui, sang ibu sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Kejadian itu bermula ketika Chick berniat pulang ke kotanya dan mencoba bunuh diri. Saat jarak sudah dekat dan pagi menjelang, ia begitu kalut. Pada saat itulah kecelakaan yang membuat dirinya bertemu dengan sang ibu terjadi. Saat ketika ia kembali mengingat masa remajanya yang tidak begitu mulus karena ditinggal ayahnya. Saat ketika ia kembali mengingat bagaimana ibunya membesarkannya seorang diri dan membelanya. Saat ketika ia menginginkan berada satu hari lagi bersama sang ibu.

06 Februari 2016

Ulasan Buku: Katarsis

Sampul
Judul : Katarsis
Pengarang : Anastasia Aemilia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2013
Dibaca : 29 Januari 2016
Rating : ★★★★★

"Susi hanya bisa meraung memegangi karung berisi potongan tubuh putranya. Aku seperti melihat potret kepedihan yang tergambar sangat apik. Patut diabadikan." (hal. 84)

Pengujung Januari kututup dengan satu buku yang sudah kuincar sejak lama. Pertama, buku ini diterjemahkan ke Bahasa Inggris dan dibawa ke Frankfurt Book Fair tahun lalu. Pencapaian yang tidak biasa, bukan? Kedua, buku ini disebut-sebut buku sinting karena konten yang dibawakan begitu vulgar. Benarkah?

***

Ayah dan ibunya hanya dipanggil nama. Masa kecilnya membuat teman sebayanya terluka hingga berdarah. Tidak pernah berucap satu kata pun kecuali benar-benar dibutuhkan. Dari sekian banyak perbedaan dari orang-orang normal lainnya, Tara juga akan melindungi kehormatan dirinya sendiri; sama seperti gadis pada umumnya. Hanya saja yang dilakukannya sudah terlalu jauh dan berakibat satu nyawa hilang.

Tara diam saja. Potongan tubuh sepupunya ia taruh di tangki air di atas rumah. Ia memengang erat koin itu lagi. Koin yang menemani hidupnya sedari kecil. Koin yang diberikan oleh anak laki-laki yang melihatnya menyendiri di taman. Koin yang selalu digenggamnya ketika ketakutan. Koin yang juga membuat hidupnya menjadi lebih sinting lagi.

02 Februari 2016

Ulasan Buku: Student Hidjo

Sampul
Judul : Student Hidjo
Pengarang : Mas Marco Kartodikromo
Penerbit : Narasi
Tahun : 2010
Dibaca : 25 Januari 2016
Rating : ★★★

Seharusnya aku malu dengan postingan ulasan kali ini. Malu karena resolusi tahun 2016 yang diekspektasikan tidak berjalan sesuai rencana. Seperti kebanyakan orang, aku juga membuat resolusi setiap pergantian tahun. Salah satu poin pada tahun ini adalah tidak membeli buku. Terlihat muluk tetapi beralasan: aku memiliki 60 lebih buku yang belum dibaca atau mari kita sebut sebagai timbunan. Hal yang sungguh mengusik kedamaian hidup.

Semua berubah setelah hidupku memasuki hari kedua tahun 2016. Aku ingat betul waktu itu aku sedang melancong di Bandung bersama Anastasia @ Jane and Her Bookienary dan berakhir di Gramedia Merdeka. Sialnya, ada bazar buku dengan harga miring di sana. Siapa yang tidak tergiur? "Student Hidjo" menjadi satu dari tiga buku yang pertama kali dibeli tahun ini. Aku bahkan mengabadikan momen memalukan ini via twitter.

Back to Top