26 Juli 2015

[R&B] Episode Kahve: Shamrock & Raven

Edited by Me
R&B adalah fitur baru yang akan membawa kita membaca ulasan Bibli lebih berbeda. Mengambil tema hubungan Raafi dan Bibli yang penuh lika-liku layaknya sepasang kekasih, kita diajak merasakan itu semua dengan gaya R&B. Dengan sedikit humor garing, kita dibawa merasakan pengalaman membaca ulasan lain dari yang lain.

***

Setelah kejadian Bibli merajuk untuk mengadakan giveaway, Raafi menempatkan diri di saf paling depan; memohon kepada Sang Pencipta agar mendapatkan pasangan yang lebih penyabar dan penyayang. Tentu saja dia memohon dalam hati. Bisa-bisa Ant-man datang kalau Bibli tahu permohonan Raafi itu. Sungguh. Tak lama berselang ketika Raafi tiba di rumah dan sedang menyeruput kopi ...

25 Juli 2015

Bibli Request Giveaway

Edited by Me
Selamat!

Sengaja pembukaan hanya dengan kata 'selamat'. Tadinya mau kuketik 'Selamat pagi', tapi siang sudah menjelang ketika aku menulis postingan ini. Sebelum ini juga sempat terlintas mengetik 'Selamat bulan Juli', tapi sebentar lagi Juli berakhir. Mau ketik 'Selamat bulan Agustus' juga belum memasuki bulan Agustus. Bahkan aku sempat akan ketik 'Selamat menempuh hidup baru', tapi aku bakal teringat mantanku yang sekarang udah mau mbrojolin anak pertamanya. Time goes on, yah tan! Mantan! *terus baper*

11 Juli 2015

Gege Mengejar Cinta

Sampul
Pengarang : Adhitya Mulya
Penerbit : GagasMedia
Tahun : 2005
Dibaca : 7 Juli 2015
Rating : ★★

"So, basically, cewek mencintai orang yang mencintainya. Tapi kalo cowok, mereka memilih kepada siapa cinta mereka akan mereka berikan." (hal. 97)

Sedih rasanya memberikan nilai yang kurang dari rata-rata pada satu karya penulis yang karya sebelumnya, bisa dibilang, sangat aku elu-elukan. Tapi mau bagaimana lagi? Cerita dan segala hal tentang editorialnya sangat berbeda. Mungkin dikarenakan buku ini yang terbit satu dekade sebelum ini, jadi mungkin penulis belum memiliki karakter khas dalam penulisannya. Yah, aku hanya berandai-andai mengapa.

***

Cerita dimulai ketika Geladi Garnida alias Gege berada di bangku SMP dan mengenal perempuan bernama Annisa Saripuspita alias Caca. Gege begitu terkagum-kagum oleh kecantikannya sehingga berencana menjadikan Caca pacarnya. Aeperti pungguk merindukan bulan, Gege sangat sulit menjadikan Caca pacar; berkenalan saja sangat sulit karena Caca selalu dikerubungi banyak laki-laki.

Berdekade-dekade berikutnya, Gege sudah menjadi produser salah satu radio di Jakarta. Gege senang dalam lingkungan kerjanya karena Tia. Tia-lah yang selalu ada saat Gege butuh. Tia-lah yang selalu mengajak Gege makan siang bareng. Tia jugalah yang memendam perasaan pada Gege. Hingga suatu saat, petir itu tiba. Bukan. Wanita itu tiba. Wanita yang mengalihkan dunia Gege. Wanita yang kembali dari masa lalu Gege, Caca.

Ayah

Sampul
Judul : Ayah
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun : 2015
Dibaca : 6 Juli 2015
Rating : ★★★

"Konon, hari paling penting dalam hidup manusia adalah hari saat manusia itu tahu untuk apa dia dilahirkan. Sekarang Sabari tahu bahwa dia dilahirkan untuk menjadi seorang ayah." (hal. 227)

Aku belum sempat membaca tetralogi Laskar Pelangi yang dielu-elukan itu; juga dwilogi Padang Bulan yang kata orang "nyastra sekali". Hanya belum sempat. Sebagai pengalaman pertamaku membaca karya penulis, aku menikmati diksi dan puisi dalam buku ini. Seperti ada yang khas dari penulis dengan kedua hal itu yang tidak dapat ditemukan di buku mana pun.

***

Sabari luntang-lantung di pasar ikan. Dia mulai sinting pada tahun-tahun terakhir ini. Jika ada penertiban gelandangan dan orang gila, kerap Sabari dinaikkan ke bak mobil pikap polisi pamong praja, tetapi tak lama kemudian dia akan kembali lagi ke pasar ikan. Ada sesuatu dalam diri Sabari yang tidak dapat diterimanya. Ada asa yang pupus dari dirinya. Apa yang membuatnya seperti ini? Siapakah yang tega melakukannya?

04 Juli 2015

[Reading Challenge] 100 Hari Membaca Sastra Indonesia

Banner
Aku ingin membuat pertengahan tahun ini lebih menantang. Setelah blogwalking ke beberapa blogger sesama member BBI, akhirnya aku menemukan satu proyek acara yang menurutku menantang. Seperti pada banner yang terpampang di atas, proyek tersebut adalah "100 Hari Membaca Sastra Indonesia" yang diselenggarakan oleh Mba Yuska.

Tentu saja aku harus mengubek-ubek timbunan bukuku yang sepertinya tidak ada habisnya; mengesampingkan novel terjemahan yang merupakan tumpukan paling tinggi; memilah-milah buku yang menurutku termasuk genre sastra Indonesia. Pertanyaannya: buku yang bagaimana yang termasuk genre sastra Indonesia?

Charlie and the Great Glass Elevator

Sampul
Judul : Charlie dan Elevator Kaca Luar Biasa
Judul Asli : Charlie and the Great Glass Elevator (Charlie Bucket, #2)
Pengarang : Roald Dahl
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2010
Dibaca : 2 Juli 2015
Rating : ★★★★

"Kaulihat tombol hijau ini. Aku harus memencetnya pada saat yang sangat tepat. Kalau aku terlambat setengah detik saja, kita akan terbang terlalu tinggi!" (hal.16)

Juli tiba! Aku memulainya dengan buku ini; buku ke sekian karya Roald Dahl yang kubaca. Aku masih kagum bagaimana penulis memiliki banyak hal untuk ditulis menjadi karya-karya yang menduniayang diterima dunia. Apalagi kesemuanya berhubungan dengan anak-anak, bukan hal mudah menulis untuk anak-anak, karena kau harus tahu slahnya agar mereka tertarik membaca karya-karyamu.

Back to Top