23 Februari 2015

Animal Farm

Sampul
Judul : Animal Farm
Pengarang : George Orwell
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun : 2015
Dibaca : 21 Februari 2015
Rating : ★★★★

"Kaki empat baik, kaki dua jahat!" (hal. 48-49)

Pertama dan paling utama yang menjadi pengingatku akan buku ini adalah Napoleon. Dia seorang yang tak gentar untuk mendapatkan apa yang dia mau. Dengan kepandaian berbicaranya, dia melakukannya dengan, yeah, mulus; amat mulus. Aku ingat ketika dia berhasil menggulingkan saudaranya, Snowball, yang bahkan memiliki andil yang lebih besar darinya. Sungguh mengesankan Napoleon ini. 

Awal mula cerita dimulai ketika Major memiliki niat baik dari mimpi indah yang dia alami beberapa malam sebelumnya. Major berpidato di depan khalayak yang ada untuk pemberontakan. Dia ingin mereka berdiri di atas kaki mereka sendiri. Tanpa ada campur tangan orang lain yang menyuruh-nyuruh mereka, memperbudak mereka. Dan akhirnya pemberontakan terjadi setelah Snowball dan Napoleon memrakarsainya.

19 Februari 2015

Remedy

Sampul
Judul : Remedy
Pengarang : Biondy Alfian
Penerbit : Ice Cube
Tahun : 2015
Dibaca : 19 Februari 2015
Rating : ★★★★

Wow. Ini beda. Tidak seperti novel-novel remaja atau young adult lain. Kalau kalian mau belajar tentang rasa sakit tertahan dan cara melepaskannya, baca buku ini! Kalau mau belajar tentang rasa sayang yang akan membuat hidupmu menjadi lebih bermakna, baca ini! Kalau mau cari tahu tentang arti pengorbanan nan bertanggung jawab, baca ini!

Sudah kubilang beda kan? Baiklah, aku tegaskan lagi: ini beda! Kisah Tania dan Navin bukan tentang galau hati karena perasaan cinta dan sayang di antara mereka. Ini lebih pada realitas kehidupan keduanya. Maksud realitas di sini adalah apa yang mereka alami; bagaimana pemecahan-masalah yang mereka lakukan.

18 Februari 2015

The Giver

Sampul
Judul : Sang Pemberi
Judul Asli : The Giver
Pengarang : Lois Lowry
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2014
Dibaca : 17 Februari 2015
Rating : ★★★★

Apel merah. Kata kunci yang akan membuatku terus mengingat cerita yang ada di dalam buku ini. Bila kau sudah menonton filmnya terlebih dahulu, kau akan mendapati beberapa adegan awal bernuansa grayscale. Tak ada warna, hanya hitam dan putih. Keteraturan. Kesamaan dalam Komunitas. Hingga seorang anak melihat, walaupun hanya sekelebat, apel yang berwarna merah.

Jonas sudah Dua Belas dan saatnya untuk Penugasan. Bersama teman-teman Dua Belas-nya yang lain, Jonas menunggu Upacara yang hanya diadakan pada bulan Desember setiap tahunnya. Jonas tercengang ketika dia mendapatkan Penugasan sebagai Penerima Ingatan. Dan setelah itu, pembaca akan dibawa menuju kritis Komunitas yang sesungguhnya.

17 Februari 2015

Filosofi Kopi

Sampul
Judul : Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade
Pengarang : Dee
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun : 2012
Dibaca : 15 Februari 2015
Rating : ★★★★

Buku kedua Dee yang kubaca setelah Perahu Kertas yang sudah lama dibaca; sekitar SMA kelas satu atau dua. Aku ingat, buku itu kupinjam dari seorang teman yang kini sudah berstatus mantan pacar. Sedih mengingatnya. Ini kenapa jadi curhat gini?

Aku tertarik karena melihat poster film yang berseliweran di twitter dan portal-portal hiburan. Awalnya aku kira buku ini sebuah novel; ternyata kumpulan cerita pendek dan prosa ini. Mungkin hanya cerita berjudul "Filosofi Kopi" saja yang difilmkan. Aku bertanya-tanya bagaimana kalau Rico de Coro difilmkan.

16 Februari 2015

Trash

Sampul
Judul : Anak-Anak Pemulung
Judul Asli: Trash
Pengarang : Andy Mulligan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Dibaca : 13 Februari 2015
Rating : ★★★★★

Sejak membaca judul dan membuka halaman pertama, aku tahu buku ini bakal bagus untukku. Dan benar saja. Beberapa halaman memang berisi paragraf panjang, tapi tak membuatku lelah dibuatnya karena ceritanya meluncur bagai air sungai, deras dan berisi. Konfliknya sederhana tetapi membuat pembaca membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya, setelahnya.

***

Tiga anak laki-laki hidup di Tempat Pembuangan Akhir di Behala. Maksudnya "hidup" di sini adalah tinggal, makan, dan bekerja di tempat itu. Dua dari mereka—Raphael dan Gardo—memang sudah berteman sedari kecil. Mereka menemukan barang misterius; sebuah tas.

14 Februari 2015

Winnetou II Part I

Sampul
Judul : The Wild West Journey: Old Death
Judul Asli: Winnetou II
Pengarang : Karl May
Penerbit : VisiMedia Pustaka
Tahun : 2014
Dibaca : 8 Februari 2015
Rating : ★★★

Akhirnya selesai juga, setelah khawatir dengan paragraf panjang dan margin yang rapat.

Aku menyelesaikan buku ini hampir satu bulan. Yup. Berbanding terbalik dengan jumlah halaman buku yang hanya 150 lebih sedikit. Mungkin karena aku masih belum bisa menikmati setiap paragraf panjangnya yang bahkan dalam satu halaman hanya ada satu paragraf. Mungkin juga karena buku ini hanya terdapat dua bab. Sekali lagi: dua bab. Jadi, setiap babnya ada 70 halaman yang membuatku bingung bagaimana dan di mana aku berhenti sejenak untuk bernapas.

Terlepas dari hanya-dua-bab-dalam-satu-buku yang membuatku sedikit tidak tahan, aku menikmati petualangannya. Buku ini merupakan paruh pertama dari buku Winnetou II yang dikarang oleh Karl May. Dan aku masih takjub dan bertanya-tanya, mungkin saja penulis menggunakan pintu ajaib untuk, paling tidak, sedikit saja menilik bagaimana keadaan Amerika pada saat itu. Sungguh cerita yang mengagumkan.

11 Februari 2015

Saman

Sampul
Judul : Saman
Pengarang : Ayu Utami
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Tahun : 2014
Dibaca : 9 Februari 2015
Rating : ★★★

“Ketika kami meninggalkan tempat itu, saya melihat si lelaki berkacamata mencopot singletnya, dan memakainya untuk melap keringat. Mula-mula di leher, lalu di ketiak, dan di dadanya yang telanjang.” Laila (hal. 11)

Aku mendapatkan buku ini pada saat Book War IRF, Desember tahun lalu. Sepertinya aku beruntung karena kondisi bukunya yang masih mulus bersegel. Dan lebih beruntung lagi karena buku ini karya penulis kenamaan, Ayu Utami, si penulis cantik kontroversial, katanya.

08 Februari 2015

Happily Ever After

Sampul
Judul : Happily Ever After
Pengarang : Winna Efendi
Penerbit : GagasMedia
Tahun : 2014
Dibaca : 4 Februari 2015
Rating : ★★★★

Novel lokal pertama yang kubaca pada tahun 2015. Hore! Jarang-jarang aku membaca novel karya penulis pribumi pada awal-awal tahun seperti ini. Dan aku terkesan dengan tata bahasanya yang rapi dan indah.

Yang aku tahu, bahasa yang digunakan dalam novel oleh penulis lokal terdiri atas dua macam yaitu bahasa baku dan bahasa sehari-hari. Bahasa baku digunakan sebagai bahan narasi sedangkan bahasa sehari-hari atau bisa disebut bahasa gaul digunakan pada dialog. Contoh: “tidak” (bahasa baku) dan “nggak” (bahasa sehari-hari); “menulis” (bahasa baku) dan “nulis” (bahasa sehari-hari).

07 Februari 2015

Stolen Songbird

Sampul
Judul : Negeri Troll yang Hilang
Judul Asli : Stolen Songbird (The Malediction Trilogy, #1)
Pengarang : Danielle L. Jensen
Penerbit : Fantasious
Tahun : 2014
Dibaca : 31 Januari 2015
Rating : ★★★

“Mati adalah hal yang mudah untuk dicapai, tanpa kesukaran dalam penderitaannya. Menjalani hiduplah yang menyulitkan, membutuhkan kerja keras tiada akhir; dan terlepas dari segala upaya seseorang, kehidupan bisa direnggut dalam sekejap.” (hal. 471)

Aku direkomendasikan oleh beberapa teman untuk membaca buku ini. Yah walaupun tidak jelas bagian mana yang cocok buatku di dalam buku ini, tapi aku tetap membacanya. Beruntung aku tidak perlu merogoh kocek karena buku ini kudapatkan dari seseorang sebagai tanda perpisahan.

06 Februari 2015

Charlie & Winnetou, BFF

Aku coba menarik garis lurus untuk mengetahui lini masa naskah asli Winnetou yang ditulis oleh penulis. Tapi sampai tulisan ini dibuat, tidak kudapati sesuatu yang jelas. Aku menemukan Winnetou yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi empat seri oleh penerbit Pustaka Primatama pada tahun 2003.

Beberapa puluh tahun sebelumnya, Winnetou juga telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dalam tiga seri, yang diterbitkan Noor Komala sekitar tahun 1970-an. Dan terdapat juga beberapa cetakan Pradnya Paramita yang membagi menjadi beberapa buku yang diterbitnya sekitar tahun 1970-an juga.

4 Seri Winnetou Penerbit Pustaka Primatama (2003)

Back to Top