01 Juni 2015

The Bastard Legacy Blog Tour + Giveaway


Bibli kembali mengadakan blog tour dan giveaway! Kali ini bekerja sama dengan Penerbit Visimedia Pustaka bersama buku barunya yang berjudul "The Bastard Legacy" karya penulis horor lokal kenamaan, Jounatan. Langsung saja Bibli kasih ulasan singkatnya tentang buku non-fiksi ini.

***
Pengarang : Jounatan
Penerbit : VisiMedia Pustaka
Tahun : 2015
Dibaca : 23 Mei 2015
Rating : ★★★

Buku non-fiksi kedua yang kubaca di 2015 setelah buku ini. Lucunya, keduanya sama-sama diterbitkan oleh penerbit yang sama. Mungkin karena aku diharuskan membacanya sehingga mau tidak mau aku juga harus menikmatinya. Dan tadaa ... aku mulai sadar bahwa buku non-fiksi itu penting.

Jounatan adalah penulis lokal yang terkenal dari karya-karya horornya yang kebanyakan fiksi. Mungkin buku ini adalah karya non-fiksi pertamanya. Mohon diralat bila salah. Tetapi, karena isinya adalah cerita masa lalu para penjahat, aku serasa membaca kisah fiksi. Ada 10 tokoh berpengaruh buruk yang pernah ada sepanjang masa dan warisan-warisan yang ditinggalkan.

Baiklah. Aku bermaksud untuk menceritakan kesepuluh tokoh bengis tersebut. Tapi aku berpikir bila aku melakukannya, kalian tidak akan membacanya sendiri dan tentu saja mengurangi keseruan buku ini. Jadi aku mengambil tiga kisah tokoh yang paling membuatku bergidik. Siapa saja mereka?

Countess Elizabeth Báthory (1560 - 1614)
Pertama ada Elizabeth Báthory. Bila kalian menelusuri pada Google dengan kata kunci nama tersebut, banyak hasil pencarian yang merujuk pada sosok cantik jelita yang hidup di Abad Renaisans, tepatnya abad ke-15. Singkatnya, dia dicap sebagai perempuan paling sadis di dunia. Dia merupakan seorang pembunuh berantai terbesar dalam sejarah. Tercatat, sekitar 650 nyawa manusia melayang di tangannya (hal. 135). Sebenarnya apa yang wanita ini lakukan?

Kedua, adalah tokoh dari dalam negeri bernama Ryan Jombang. Setidaknya kalian pernah mendengar namanya kan? Aku hanya tahu bahwa dia pembunuh berantai yang berasal dari Jombang. Setelah membaca buku ini, aku lebih tahu tentang kisah hidupnya yang sebenarnya adalah seorang homoseksual dan memiliki masa lalu yang kelam. Adakah warisan yang Ryan tinggalkan?

Yang terakhir, tentu saja Jack the Ripper. Siapa yang tidak tahu tokoh bengis ini? Konon, hingga kini tidak ada yang mengetahui identitas Jack the Ripper sebenarnya. Dia terkenal atas pembunuhan sadis beberapa wanita yang merupakan pekerja seks komersial. Leher tiap korbannya nyaris putus; disembelih dengan dua sayatan. Beberapa perut korbannya robek dengan organ dalam tubuh hilang.

Cukup. Jujur, aku mual atas penjabaran yang gamblang tanpa tedeng aling-aling, tapi itulah keseruan buku ini. Selain mengetahui warisan yang ditinggalkan tokoh-tokoh bengis tersebut, aku menyadari kejahatan yang mereka melakukan adalah dampak masa lalu yang tidak bisa mereka kontrol. Aku belajar bagaimana harus menjadi manusia yang pegang kendali.

***

Giveaway!

Inilah saat yang ditunggu-tunggu. Ada satu buku "The Bastard Legacy" karya Jounatan untuk kamu yang berani jawab pertanyaan dari Bibli. Sebelumnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ikuti akun Twitter @buku_visimedia dan sukai fanpage Penerbit Visimedia Pustaka (wajib) dan ikuti akun Twitter blog host @raafian (opsional).
  2. Bagikan tautan giveaway ini via akun media sosial kamu dengan mention akun Twitter atau Facebook di atas dan hashtag #TheBastardLegacy.
  3. Setelah membaca ulasan singkat Bibli, dari ketiga tokoh yang disebutkan Bibli di atas, tokoh mana yang menurut kamu paling menyeramkan dan kira-kira memiliki warisan paling diingat? Berikan alasannya!
  4. Jawab di kolom komentar disertai data diri (nama, akun twitter, dan kota domisili). Jawaban hanya satu kali ya.
  5. Giveaway ini berakhir pada 7 Juni 2015. Pemenang akan diumumkan pada 8 Juni 2015.
  6. Pemenang akan dipilih yang menurut Bibli paling menarik.
Selamat berimaji!

PENGUMUMAN PEMENANG DI SINI.

13 komentar :

  1. Nama: ARIESKA ARIEF
    Akun twitter: @MiyungArief
    Domisili: Makassar
    Elizabeth Bathory karena dikenal sebagai wanita berdarah yang sudah membunuh 650 wanita demi kepuasan seksualnya yakni dengan cara menyakiti. Ia bahkan melakukan kegilaan seperti mandi darah dari para korbannya agar bisa tetap awet muda, juga meminum darah mereka. Membayangkannya saja sudah membuatku merinding ngeri dan mual. Tipe orang berpenyakit gila dan tak waras alias psikopat. Sekali lagi, membayangkan orang melumuri tubuhnya dengan darah yang dianggapnya lulur demi kecantikan yang tak masuk akal.

    BalasHapus
  2. Nama : Desty
    Twitter : @destinugrainy
    Domisili : Jogja

    Saya milih Elizabeth Bathory. Belum pernah dengar si wanita ini, tp kalau baca deskripsimu di atas dimana dia adalah pembunuh berantai yang menghilangkan 650 nyawa, well..... Ryan Jombang sama Jack The Ripper kayaknya lewat deh.

    BalasHapus
  3. Nama: Muhajjah
    Twitter: @a_philo
    Domisili: Jogja

    Nah, di antara ketiganya, saya paling suka *eh* tertegun dengan kisah Elizabeth Bathory. Soalnya, setahu saya dia terobsesi dengan kecantikan. Menarik sekali, eee..., mengerikan maksud saya, bagaimana seorang wanita menolak kecantikannya memudar ditelan usia hingga tidak peduli dengan kehidupan orang lain.
    Saya sudah beberapa kali membaca tentang dia lewat Mbah Google, tapi tetep aja belum puas. Ahahahahah....Saya tidak tahu apa yang melatarbelakangi Ryan Jombang, apakah dia pernah jadi korban sodomi juga?
    Jack The Ripper pembunuh pintar, tidak jadi candu membunuh seperti Ryan, jadi bisa nggak terdeteksi... sampe sekarang. Walau banya teori, tapi tetep nggak ada bukti...


    BalasHapus
  4. Nama : Musdalifah Putri
    Twitter : @MusdalifahYeaa
    Domisili : Serpong, Tangerang

    Menurutku, dari tiga tokoh diatas yang menyeramkan itu Jack the Ripper. Karena menurutku walaupun dia gak bunuh orang sampai 650 orang (mungkin) tapi kayanya Jack the Ripper itu sadis banget. Bayangin aja coba, seorang wanita dibunuh dan lehernya itu hampir putus. Udah gitu, dia juga sampai beberapa perut korbannya juga di robek. Bengis & sadis banget, ya ampun. Bayangin dia ngebunuh orang yang sampai lehernya putus aja udah bikin perut mules, jijik, eww pokoknya kalian tau sendiri deh bagaimana ngebayangin itu semua.

    BalasHapus
  5. Nama : Ipeh Alena
    Twitter : @kuzuri87
    Domisili : Kota Bekasi, Jawa Barat


    Waa...setelah akhirnya cari tahu sendiri, karena penasaran seperti telah kau singgung, duhai kakak. Sepertinya saya idem juga nih, memilih Elizabeth Bathory. Hingga sampailah saya pada website-website yang memuat sejarahnya, tentang jejaknya yang ternyata sadis. Tapi, dia bukan penggemar afgan. Yang paling mengerikan adalah "she enjoyed torturing and killing young girls", ini kejam bener deh. Kemudian, memang kesan old itu lebih 'ngena' bagi saya ketimbang yang lain. Rasanya melihat bajunya saja saya sudah merasakan ke-horor-an yang memorable.

    BalasHapus
  6. Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Twitter : @tasyatasa_
    Domisili : Klaten , Jawa Tengah

    Menurut ku yang paling seram bin edan adalah Elizabeth Bathory . Maksud "edan" bahasa indo nya itu GILA . Gimana enggam seram dia telah membunuh orang sebanyak itu . Dibalik kencantikan wajahnya tidak sebanding dengan kecantikan hati nya . Perempuan itu harus nya kembut tomboy sih boleh asal jangan membantai orang gitu lah. Gila ini mah kejam banget hanya utk kecantikan sampai membantai orang. Sarap banget tuh yang bantai. Kisah ini menjadi pelajaran buat kita juga karena di balik kencantikan wajah belum tentu cantik hatinya. Buat para cowok harus hati-hati nih .

    BalasHapus
  7. Nama : Yulyanti Septi
    Akun twitter : @ZULYA_KU
    domisili : Samarinda
    Link share on twitter : https://twitter.com/ZULYA_KU/status/606741095662252033
    Link share on Facebook : https://www.facebook.com/movic.partii/posts/833117420077543

    jawaban : tokoh yang paling menyeramkan dan memiliki warisan paling di ingat adalah Jack the Ripper. siapa yang gak kenal dia sebagai pembunuh berantai yang sadisssss. Jack the Ripper ( Jack sang pencabik) sendiri adalah julukan paling terkenal yang diberikan kepada pembunuh berantai tak dikenal yang aktif di kawasan miskin di sekitar distrik Whitechapel, London. Pembunuhan yang dilakukan Ripper umumnya melibatkan wanita tunasusila yang berasal dari daerah kumuh dengan cara memotong tenggorokan kemudian memutilasi perut mereka. Hilangnya organ-organ dalam dari tiga korban Ripper memunculkan dugaan bahwa pelaku memiliki pengetahuan anatomi atau bedah. Karena teknik pembunuhan yang luar biasa brutal, dan karena tingginya penafsiran media terhadap misteri ini, masyarakat semakin percaya bahwa pembunuhan ini merupakan pembunuhan berantai tunggal yang dilakukan oleh "Jack the Ripper".
    bisa bayangkan kesadisan JACK .??? omg... aku tidak ingin mengenalnya . hihihihi

    BalasHapus
  8. Nama: Ani Purditasari
    Akun Twitter: @Anny_Tears
    Domisili: Jambi


    Elizabeth Bathory.
    Wanita cantik yang sudah membunuh 650 orang. Cantik tapi kejam!

    Menghilangkan 650 nyawa manusia, bukan hal yang sepele. Ini nyawa manusia, bukan ikan. #ehh?

    Pantas saja dari artikel yang pernah aku baca "blood countess" ini masuk dalam Gunness World of Records sebagai pembunuh wanita terkejam sepanjang sejarah. Cara dia membunuh para korbannya juga sangat sadis, ada yang dipukul, dibakar, digigit, sampai dimutilasi dan diambil darahnya untuk dimandikannya.

    Tapi membunuh 650 orang itu loh yang buat spechless, dan aku baru tahu dari review singkat blog ini. Gila. Kejam sekali!

    Eh iya, aku juga baru tahu kalau ada pembunuh sadis asal Jombang-Indonesia dari review singkat diatas (mungkin karena aku kudet juga). Wah, jadi pengen tahu siapa saja orang-orang tersadis di dunia yang lainnya.

    BalasHapus
  9. Nama: Dhani
    Twitter: @DhaniRamadhani
    Domisili: Jeneponto

    kalau saya sih yang pembunuh para gadis untuk diambil darahnya. Beneran ada pikiran yang kayak begitu yah, buat tetep awet muda. Hihihi

    BalasHapus
  10. nama: rizqa nurul hidayanti
    twitter: @nurul_rizqa
    kota: yogyakarta

    Kalo aku paling penasaran sama Jack The Ripper. Aku tahu jack the ripper setelah nonton detective conan the movie, dan tokoh ini cukup membuatku penasaran karena identitasnya yang tak diketahui. Aku sampai baca kisah jack the ripper dari internet saking penasarannya. Pembunuhan yang dilakukan menurutku kejam pada seorang wanita, yah... walaupun wanita itu PSK tetep aja itu kejam, kenapa harus PSK? pengaruh masa lalukah? jadilah aku serring nyari jawaban pertanyaan itu. Aku juga udah liat film dan novel yang di dalamnya ada karakter jack the ripper, tetapi terkadang beda versi. Identitasnya yang tidak jelas dan terasa samar adalah kunci warisan utamanya. ^^

    BalasHapus
  11. nama: zulaikhah
    twitter : @kimzujonghee
    domisili : Tuban jawa timur

    jawaban : menurut saya Jack the Ripper
    mengapa saya memilih demikian?
    menurut saya dari ke 3 orang terkejam di atas hanya dia yang memiliki kemisteriusan dalam melakukan pembunuhan sekeji itu. Tidak cuma membunuh tapi juga mengobrak abrik tubuh sang korban. Bahkan yang di bunuh adalah pekerja sex. apa dia ada masalah dengan itu semua? tidak ada yang tau alasannya mengapa ia melakukan itu.
    elizabeth bathery memang kejam, tapi membunuh dan menggunakan darah si korban untuk mandi agar awet muda. Tidak heran bukan?
    mungkin yang membuat kita heran cuma mengapa dia memiliki pemikiran demikian?
    Begitu pula dengan rian jombang, haha saya masih kecil tentang masalah itu dulu. Rian memang kejam, bahkan dia sesosok pendiam, sopan bahkan dia seorang guru ngaji. Tapi apa yang membuat dia mistery? tidak ada bukan. dia menyukai sesama jenis.

    itulah jawaban saya.

    BalasHapus
  12. Nama : Nabilah Rosyadah
    Facebook : Ar Nabilah R
    Domisili : Palembang, Sumatera Selatan

    Jawaban : Jack The Ripper

    Pertama dengar nama Jack The Ripper itu di Detective Conan. Setelah baca ulasan di sini meski secuil saya malah berimajinasi kalau Jack The Ripper itu perempuan~

    Kenapa? Entahlah, hanya imajinasi saya belaka.

    Korbannya rata-rata perempuan nakal aka pelacur dan tewas dengan organ diambil. Di satu sisi saya berpikir Jack adalah orang yang ingin membersihkan kota dari perempuan kotor sehingga dia menghabisi mereka, dan agar para korban memberi manfaat maka digunakanlah organ mereka misal untuk didonorkan?!

    By the way, itu hanya imajinasi saya saja.

    Warisan yang diberikan kepada dunia adalah nama, dengan namanya saja orang-orang yang tahu ceritanya langsung teringat betapa kejamnya ia membunuh bahkan tak ada yang tahu sosok aslinya sampai detik ini.

    BalasHapus
  13. Kalau menurut saya sih Jack The Ripper. Gimana nggak menyeramkan coba, kalau sampai sekarang identitas Jack The Ripper ini belum diketahui. Saya juga coba searching di google tentang Jack The Ripper ini, ternyata di Wikipedia-pun dijelaskan bahwa identitas-nya tidak diketahui. Pembunuh berantai yang tinggal di London pada akhir abad ke-19 yang membunuh dengan menggorok leher korbannya dan beberapa organ dalam tubuhnya hilang itu menurut saya sendiri cukup sadis.

    Apalagi pada tahun itu si Jack ini menjadikan kota London sebagai kota yang mengerikan dan penuh terror. Polisi di London pun tidak bisa menemukannya & kasus pembunuhannya pun sangat dikenal. Serangkaian pembunuhan terjadi & tidak dapat diungkapkan kasusnya oleh Polisi.Polisi aja nggak bisa mengungkap kasus pembunuhan bahkan mengungkap identitas pembunuhnya sendiri, dan waktu itupun kota London penuh terror. Jadi Jack The Ripper inilah tokoh yang paling menyeramkan menurut saya pribadi. Dan kasus pembunuhan mengerikan yang dilakukan oleh Jack The Ripper yang tidak pernah terpecahkan ini menurut saya menjadi salah satu warisan sejarah terbesar di Inggris yang akan diingat sebagai warisan sejarah yang mengerikan.

    Rany Dwi Tanti | @Rany_Dwi004 | Tulungagung, Jawa Timur

    BalasHapus

Back to Top