06 Mei 2015

Charlotte's Web

Sampul
Judul : Charlotte's Web
Pengarang : E.B. White
Penerbit : Dolphin
Tahun : 2013
Dibaca : 4 Mei 2015
Rating : ★★★★★

"Kami pergi dari sini bersama angin yang bergerak naik. Itulah saatnya untuk mengembara. Kami ini aeronaut. Kami akan pergi menjelajah dunia untuk membuat jaring kami sendiri." (hal. 232)

Salah satu alasan kenapa aku terus membaca adalah merasakan pengalaman penulis bercerita. Begitu juga dengan buku terkenal ini yang juga termasuk 1001 buku yang harus dibaca sebelum mati. Ada pelajaran-pelajaran yang apabila kalian baca dengan saksama akan tahu arti tersiratnya. Miris rasanya karena aku hanya membayar Rp 15.000 untuk buku sebagus ini.

***

Wilbur lahir di kandang milik keluarga Arable. Akan tetapi babi itu akan "dibereskan" karena kerdil, kecil, dan lemah. "Tidak akan pernah laku dijual," kata Pak Arable. Fern, anak perempuan Pak Arable, yang tahu akan hal itu berteriak dan mendesak Pak Arable agar tak melakukan hal keji itu. Bilapun Pak Arable mengatakan Wilbur akan menyusahkan Fern berkeras untuk merawatnya.

Sudah sekian lama sejak kejadian itu, Fern sedang berkunjung ke peternakan Paman Avery untuk melihat Wilbur. Fern masih ingat ketika dia mengajak Wilbur berjalan-jalan di pekarangan sekitar rumah ketika musim panas. Fern juga masih ingat ketika Wilbur sudah tidak bisa lagi dirawat oleh Fern dan Pak Arable menjualnya kepada Paman Avery. Kini semuanya sudah tidak sama lagi bagi Fern; dan juga bagi Wilbur.

***

Charlotte's Web (2006)
Lalu siapa itu Charlotte? Apakah dia benar-benar memiliki jaring? Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu jalan ceritanya lewat film yang sudah rilis pada 2006. Di atas, aku menceritakan kisah ini dari sudut pandang manusia. Tetapi sebenarnya ada bagian di mana binatang bercerita, bagian terpenting malah. Wilbur berbicara, Charlotte berbicara, dan penghuni peternakan Paman Avery lainnya juga melakukan itu.

Charlotte bisa dibilang karakter yang paling krusial, laba-laba yang bersarang di salah satu sudut gubuk peternakan tempat Wilbur tidur. Dia betina, memiliki delapan kaki ringan nan lincah dan spinneret. Spinneret adalah kelenjar sutra untuk membuat benang pada laba-laba.

Haruskah kuberi tahu ada hubungan apa antara Wilbur dan Charlotte? Baiklah. Wilbur dan Charlotte berteman, bisa dibilang bersahabat. Teman itu saling mendukung atas tujuan masing-masing kan? Teman juga akan melakukan segala hal untuk mengentaskan kesedihan. Teman tidak pernah meninggalkan satu sama lain, kecuali perpisahan abadi.

Aku tidak akan pernah lupa ketika Wilbur dan Charlotte pertama bersapa. Aku tidak akan pernah lupa peran Charlotte atas Wilbur selama hidupnya di mata Paman Avery, Fern, dan yang lainnya; yang--aku yakin--mengubah hidup Paman Avery. Aku pun tidak akan pernah lupa ketika Wilbur membawa telur-telur Charlotte sepulang dari Pekan Raya.

Queensboro Bridge, New York
Aku akan membaca ulang buku ini suatu saat nanti, ketika sedang merasa tidak punya teman, ketika sedang merasa kurang bersyukur atas mereka yang selalu ada di sekitarku, ketika sedang merasa lupa arti pengorbanan yang sebenarnya. Sungguh, buku ini hebat. Seperti Wilbur yang hebat. Siapa yang sudah tonton filmnya? Aku butuh rekomendasi.

"Apa kamu tahu berapa lama manusia membangun Jembatan Queensborough? Delapan tahun penuh! Ya ampun, aku pasti sudah mati kelaparan kalau harus menunggu selama itu. Aku bisa membuat jaring dalam satu malam." Charlotte (hal. 85)

Ulasan ini untuk tantangan Lucky No.15 Reading Challenge kategori Bargain All The Way.

Baca juga:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar