28 Desember 2014

Konspirasi Gen Manusia Atlantis Blog Tour


Selamat Datang di Konspirasi Gen Manusia Atlantis Blog Tour!

Bibliough kembali melaksanakan Blog Tour. Kali ini bekerja sama dengan Penerbit Fantasious yang akan menerbitkan novel fiksi-ilmiah ini pada awal tahun 2015. Menurut banner di atas, aku kebagian membahas "Asal-Mula Manusia". Mari kita cari tahu!

***

Aku sangat beruntung telah membaca novelnya terlebih dahulu sebelum menulis ini. Jadi aku tahu dari mana aku akan memulainya. The Atlantis Gene menjabarkan dengan gamblang perbedaan antar-manusia yang saat ini tinggal di dunia dengan manusia Atlantis yang disebut-sebut bersembunyi di bawah tanah yang kita pijak. Aku akan menjabarkan dua jenis manusia yang menjadi asal-mula manusia modern dan banyak disebut-sebut dalam novel ini, yaitu: Homo Floresiensis dan Neanderthal.

Homo Floresiensis

Tahu trilogi The Lord of The Rings karya J.R.R. Tolkien? Trilogi yang termasuk genre epik fantasi ini menceritakan tentang Hobbit bernama Frodo Baggins yang berperan penting dalam misi menyelamatkan cincin bersama kawan-kawannya di Middle-earth. Kita tidak akan membahas tentang trilogi ini, kita akan bahas Hobbit.

Some of Them
Homo Floresiensis yang disebut juga dengan Hobbit adalah nama yang diberikan oleh kelompok peneliti untuk spesies dari genus Homo, yang memiliki tubuh dan volume otak kecil, berdasarkan serial subfosil (sisa-sisa tubuh yang belum sepenuhnya membatu) dari sembilan individu yang ditemukan di Liang Bua, Pulau Flores, pada tahun 2001.

Tim gabungan yang terdiri dari para pakar arkeologi Australia dan Indonesia melakukan penggalian dan menemukan kerangka manusia purba di Gua Liang Bua sekitar 14 km dari kota Ruteng, Manggarai, Flores. Sembilan kerangka (satu di antaranya dalam keadaan utuh) ditemukan pada kedalaman 6 meter dari permukaan gua. Kesemuanya menunjukkan postur paling tinggi sepinggang manusia modern (sekitar 100 cm).

Gua Liang Bua, Tempat Penemuan fosil Homo Floresiensis
Para peneliti menyimpulkan Homo Floresiensis memiliki ciri-ciri: tinggi badan kurang dari 1 meter, berbadan tegap, berjalan secara bipedal, volume otak sekitar 417 cc, dan tidak memiliki dagu. Usia seri kerangka ini diperkirakan berasal dari 94.000 hingga 13.000 tahun yang lalu.

Kontroversi tentang Homo Floresiensis: Sebagian pendapat mengemukakan fosil ini berasal dari spesies bukan manusia. Tetapi pendapat lain berargumen fosil dari Liang Bua berasal dari sekelompok orang katai Flores, yang hingga sekarang masih bisa diamati pada beberapa populasi di sekitar lokasi penemuan.

Neanderthal

Neanderthal adalah anggota genus Homo yang telah punah dan berasal dari zaman Pleistosen. Spesimennya ditemukan di Eurasia, dari Eropa Barat hingga Asia Tengah dan Utara. Spesies ini dinamakan Neanderthal sesuai dengan lokasi tempat pertama kali ditemukan di Jerman, Neanderthal atau Lembah Neander.

Kerangka Neanderthal
Neanderthal dapat diklasifikasikan sebagai subspesies manusia (Homo sapiens neanderthalensis) atau spesies yang berbeda (Homo Neanderthalensis). Jejak proto-Neanderthal pertama muncul di Eropa 600.000–350.000 tahun yang lalu.

***

Semoga artikel di atas dapat memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana serunya novel The Atlantis Gene. Terdapat spot-spot setting yang menarik sebagai unsur utama dalam penggambaran cerita pada novel ini. Cari tahu spot-spot setting-nya pada kuis di bawah ini!

Sampul The Atlantis Gene terjemahan Bahasa Indonesia
Giveaway!

Penerbit Fantasious menyiapkan satu novel The Atlantis Gene karya A.G. Riddle untuk pengunjung blog yang berhasil menebak dengan tepat clue yang diberikan. Clue-clue tersebut merupakan spots setting yang terdapat dalam novel The Atlantis Gene karya A.G. Riddle.

Caranya sebagai berikut: 
1. Perhatikan baik-baik clue yang terdapat pada 3 blog peserta blog tour
2. Tebak clue tersebut. Terdapat satu spots pada setiap blog peserta. Itu berarti terdapat 3 spots.
3. Kirim ketiga tebakan clue spots tersebut via e-mail ke redaksi.fantasious@gmail.com dengan subjek “KUIS BLOG TOUR ATLANTIS GENE”
4. Pemenang adalah yang paling tepat menebak ketiga clue spots setting novel The Atlantis Gene

Simak baik-baik clue spots setting ketiga berikut!
- Sekitar 50.000 tahun yang lalu, Neanderthal pertama kali menghuni daerah ini.
- Konon, Hercules menjaga pilar-pilar yang menopang daratan ini.
- Sebuah kota pelabuhan terbesar bernama Algeciras ada di perairan-yang-menjorok-ke-daratan ini.

Mulai sekarang kamu sudah bisa kirim ketiga tebakanmu dari clue spots di tiga blog penyelenggara Blog Tour, ke e-mail yang tertera di atas! Batas pengiriman e-mail adalah 30 Desember 2014 pukul 23.59 WIB.

Jangan lewatkan rangkaian Konspirasi Gen Manusia Atlantis Blog Tour:

22 Desember 2014 http://www.h23bc.com


28 Desember 2014 http://bibliough.blogspot.com

Semoga kamu menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan novel The Atlantis Gene karya A.G. Riddle ini! Selamat berlibur dan salam buku!

***

PENGUMUMAN PEMENANG BLOG TOUR DI SINI.

Sumber-sumber:

4 komentar :

  1. Akhirnya, post yang ditunggu-tunggu, tayaang... :)
    Terima kasih untuk pertanyaannya,
    hmm... kayakna aku tahu deh jawaban dari clue spot ini, mudah-mudahan betul... dan bisa beruntung mendapatkan novel The Atlantis Gene by A.G. Riddle ini dari Fantasious :))
    oke, mau langsung kirim emailnya :D

    BalasHapus
  2. Pernah denger tentang liat kata Homo Floresiensis di buku sejarah, tapi karna kata gurunya gak akan keluar di ulangan jadi saya males bacanya. Jadi Hobbit itu Homo Floresiensis ya? *kemudian menyesal*

    BalasHapus
  3. buku kelanjutan the atlantis gene wbah atlantis sudah terbit atau blm?

    BalasHapus
  4. buku kelanjutan the atlantis gene wbah atlantis sudah terbit atau blm?

    BalasHapus

Back to Top