04 Juli 2014

The Graveyard Book

Sampul
Judul : Cerita Dari Pemakaman
Judul Asli : The Graveyard Book
Pengarang : Neil Gaiman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2013
Dibaca : 3 Juli 2014
Rating : ★★★★

“Orang ingin melupakan hal-hal yang mustahil. Ini membuat dunia mereka lebih aman.” “Aku mencintainya.” “Maafkan aku.” (hal. 330)

Bod. Nobody Owens. Dari namanya saja sudah dapat dipastikan dia “tak ada yang memiliki.” Atau bisa dikatakan tidak ada yang benar-benar memilikinya. Dan yang ia sukai juga sama.

Sebenarnya, Bod sangat beruntung. Beruntung karena tidak biasa. Dibesarkan di tempat yang seharusnya menjadi tempat orang mati. Pemakaman. Dan lebih beruntung karena ada mereka yang mau merawatnya. Kalian harus tahu siapa mereka itu, dan Silas tentu saja. Bagaimana mereka membesarkannya.

Ceritanya tentang kehidupan Bod ini. Bagaimana ia menjalani hidup yang tidak biasa, dan mencari jati diri, dan mencari asal-usul kenapa ia bisa mendapat kehidupkan seperti itu. Aku tahu rasanya menjadi Bod. Sepi. Ingin berteman. Ingin ditemani.

Here, there be Bod.
Cerita yang tidak biasa. Sungguh mengolah imajinasi pembaca, juga fantasi pembaca tentang penggambaran karakter, setting, dan alur cerita. Juga tentang ke-misterius-an ceritanya sendiri. Kau tahu, setelah membaca beberapa buku penulis, penulis tidak membeberkan dengan jelas dan detail tentang isi ceritanya. Seperti digantung dan memberikan keleluasaan kepada pembaca untuk menerka-nerkanya sendiri. Membuat pembaca semakin imajinatif. Itu yang aku suka dari penulis ini. Favorit! Kalian harus baca!

Dan ya, buku ini menyebut-nyebut tentang Jekyll dan Hyde. Aku akan membacanya setelah ini. Buku klasik karangan Robert Louis Stevenson.

1 komentar :

  1. kunjungan balik :D
    iya nih, menurutku Bod beruntung banget (?) bisa dibesarkan di lingkungan menarik seperti itu. Kalau baca ini pas masih kecil, pasti pengin dibesarkan oleh Silas dkk deh :))

    BalasHapus

Back to Top