11 Juni 2014

The Gogons

Sampul
Judul : The Gogons: James & The Incredible Incident
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2006
Dibaca : 11 Juni 2014
Rating : ★★

"Dalam setiap agama, bukankah hujan selalu identik dengan kasih sayang Tuhan? Mengapa orangtua harus memarahi anaknya yang bermain-main dengan hujan? Mengapa orang-orang harus menciptakan shelter, payung, jaket, dan lain sebagainya? Mengapa kita berlarian saat hujan mulai tumpah?" (hal. 151)

Setelah 10 hari lebih, ditemani paper Tugas Akhir yang hingga kini masih berteman, akhirnya selesai juga dengan novel ini. Novel pertama om Tere Liye yang kuselesaikan dengan khidmat setelah tidak selesai membaca "Bumi" yang notabene novel fantasi.

Bumi - Tere Liye
Ceritanya mengalur jelas dan tegas. Aku suka karena tokohnya adalah enam lelaki yang berteman sejak masa kuliah. Aku suka karena mereka tidak bernarasi dengan mendayu-dayu macam Raib di "Bumi". Cerita persahabatannya sangat kental. Bisa belajar tentang arti persahabatan dari novel ini. Buat kalian yang punya krisis persahabatan harus baca novel ini! Serius! Aku pinjemin kalo perlu!

Sangat disayangkan insiden-insiden yang menimpa The Gogons terlalu rushing. Kayak dikejar halaman novel yang kurang dari 300 halaman. Sedikit mengganggu sebenarnya, tetapi teka-teki James dan Weni yang menarik bisa menutupi itu.

Aku membaca di akhir ternyata ada kisah selanjutnya setelah James: "Dito & The Prison of Love". Tetapi sepertinya tidak ada suanya hingga sekarang. Mengingat novel ini diterbitkan pada tahun 2006, sedih rasanya mendengar "cukup sampai disini saja cerita The Gogons". Masih banyak yang menggantung, masih belum tuntas, masih ingin menilik kerasnya kehidupan mereka; kehidupan lelaki metroseksual dengan berbagai macam masalah.

Om Tere Liye
Ada rekomendasi novel Tere Liye lain yang tidak "mendayu-dayu"? Tell me!

4 komentar :

  1. Coba Negeri Para Bedebah. Bukunya, lebih banyak ke aksi dan beberapa teori ekonomi keuangan. Bagus dan nggak mendayu-dayu kayak bukunya yang Daun Jatuh, Kau aku dan sepucuk angpao merah..
    Coba kamu baca..

    BalasHapus
  2. whuaa nyari novel ini dan susah banget >_<
    Boleh dong pinjemin :D

    BalasHapus
  3. Hiks.. Mau buku ini. Bisa tlg di copy-in? Soale cari sana-sini ga nemu-nemu :3

    BalasHapus
  4. Pinjem buku ini kalo boleh, mau beli tapi kaya nya dah ga ada yang jual

    BalasHapus

Back to Top