19 Februari 2014

The Screaming Staircase

Sampul
Judul : Undakan Menjerit
Judul Asli : The Screaming Staircase (Lockwood & Co. #1) 
Pengarang : Jonathan Stroud
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2014
Dibaca : 18 Februari 2014
Rating : ★★★★★

"...dunia berputar di depan mata. Suara kengerian akan kematian, dipekikkan selama-lamanya, berlangsung tanpa henti. Suara itu mengitari kami, mencakar benak kami." (hal. 345)

Selalu saja ada yang baru dan berbeda setiap membaca novel bergenre fantasi. Sangat menyenangkan. Itulah yang aku suka pada novel-novel tersebut. Begitu juga dengan novel ini. Seperti cuplikan di atas, kalian akan tahu betapa menyenangkannya novel ini.

Tidak seperti kisah fantasi yang lain dengan keriaan remaja bertualang mengelilingi negeri atau mereka yang punya kekuatan super untuk melawan penjahat, novel ini sangat anti-mainstream. Yeah, terlihat dari judulnya saja sudah membuat penasaran; penasaran yang dipenuhi rasa cemas. Undakan bisa menjerit? Pasti ini novel horor atau thriller. Dan benar saja, selangkah kalian membuka satu halaman setelah sampul depan, bulu kuduk akan berdiri.

***

Kita akan bicara tentang Lockwood & Co. yang sangat mengganggu. Sebenarnya. Kenapa sih cerita horor disangkutkan dengan sebuah perusahaan? Perusahaan apa? Aku baru tahu ada perusahaan yang usaha dalam bidang cenayang (cenayang adalah dukun atau pawang yang berhubungan dengan makhluk halus). Nah. Nah. Jadi dukun punya usaha sendiri? Semacam pengobatan alternatif atau pengobatan herbal yang sedang marak? Lucu sekali. Tapi memang begitu.

Tokoh utamanya siapa? Si Lockwood ini? Bukan, dia adalah Lucy Joan Carlyle. Panggil saja Lucy. Wanita? Ya. Masih muda? Ya, umurnya baru sekitar 16. Dia cantik? Tentu saja, dia kan tokoh utama. Dia punya kekuatan super? Tentu saja tidak! Tapi dia punya keahlian; hal berbeda yang dimiliki dari remaja lain, yaitu Bakat. Bakat apa? Menyanyi? Bukan, bodoh! Bakat dengan huruf B kapital, itu berarti BBB (bukan bakat biasa).

Lucy memang memiliki BBB. Intinya dia bisa merasakan kehadiran hantu. Nah, bersama Anthony Lockwood, remaja pemilik perusahaan agensi cenayang independen, dan George, remaja gendut berkacamata, mereka bekerja sebagai pengusir hantu setiap ada klien. Jam kerjanya petang hingga fajar menjelang. Seperti itulah. Lucu ya? Aneh juga. Kok ada pekerjaan seperti itu?

Hal mengerikan datang ketika Kamar Merah dan Undakan Menjerit menjadi pekerjaan mereka malam itu. Klien yang seorang pemilik perusahaan besi terbesar di Inggris meminta agensi Lockwood & Co. memeriksanya. Hantu apa saja yang ada di sana? Mengapa disebut Kamar Merah? Lalu, apa benar undakan itu menjerit? Nah, penasaran bukan? Cerita lain-lainnya yang lebih penting tidak aku ceritakan. Tentu saja aku mempersilakan kalian membacanya.

Hal-hal mengerikan ada di sini.

Ilustrasi Chapter 3
Di sini.
Ilustrasi Chapter 5 
Di sini.
Ilustrasi Chapter 8
Di sini.
Ilustrasi Chapter 14

Dan banyak 'di sini' lain yang setidaknya merangsang rasa takut keluar.

Ide ceritanya sangat brilian! Om Riordan juga mengatakan penulis ini genius! Benar kok. Penulis keluar dari comfort zone-nya, dari gambaran seorang pencerita jin yang terkenal membahana cetar badai itu, menjadi penulis novel horor yang menyenangkan.

Aku diberitahu bagaimana mengendalikan rasa takut. Yeah, memang benar hantu dan jin itu ada, bahkan di kitab suci pun disebutkan. Tapi bila kita merasakan atau bahkan melihat mereka, sebaiknya kita mengendalikan diri; mengendalikan rasa takut dengan tetap sadar dalam kehidupan dunia. Itu saja!

Untuk terjemahan, editing dan lain-lain, aku pikir sudah tidak ada keraguan. Penerjemah adalah seorang favoritku, Poppy D. Chusfani. Editornya bisa dibilang sangat detail. Walaupun ada sedikit kata yang keseleo, tapi tidak mengubah apapun.

Paket yang sangat lengkap! Ya, lengkap juga dengan hal-hal menyenangkan itu! Aku sangat menunggu sekuelnya!

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Back to Top